Dinilai terbuka, peserta calon PPS dan PPD apresiasi kinerja KPU Pania

oleh -397 views

Indotimnews– Kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paniai terbilang cukup terbuka bahkan lebih dekat pada langsung, umum, bebas dan rahasia (Luber). Hal itu terlihat sejak dilakukan sosialisasi dari distrik ke distrik, penerimaan calon anggota PPS dan PPD hingga masuk pada tes tertulis, bahkan rapat kordinasi antara pihaknya bersama Bupati, DPMK, Disducapil, DPRD dan unsur lainnya terkait DP4.

Mereka pantas diberi jari jempol karena beberapa tahapan belakangan ini dilalui sesuai mekanisme. Penilain itu secara spontan dilontarkan oleh Nus Nawipa, salah satu calon anggota PPD dari distrik Aradide, bahwa KPU telah memberikan gambaran bahwa lembaga penyelenggara pemilu tersebut secara cepat mentransformasikan tanggungjawab kepada masyarakat dalam bentuk keterbukaan informasi publik.

“Saya termasuk salah satu orang (masyarakat) yang bangga dengan kinerja KPU Paniai saat ini. Mereka sangat transparan dengan semua tahapan ini. tidak ada yang rahasia. Hal ini harus ditangkatkan terus,” ujar Nus Nawipa di Enarotali, Sabtu, (17/11/2017).

Ia juga mengacu pada Pemilu 2009 dan Pemilihan Bupati Paniai 2011 lalu, akses mendapatkan informasi pemilu secara online masih terbatas. Termasuk di KPU kabupaten/kota. Hal itu tentu bisa dimaklumi, karena terbatasnya akses internet.

“Seiring dengan revolusi jaringan komunikasi dan digitalisasi yang sudah menjangkau hingga ke pelosok, keterbukaan akses informasi pun dituntut untuk berinovasi. Maka, selain secara lisan dan tertulis juga kami mau harus ada di online,” katanya.

Elius Pekei, calon anggota PPD dari distrik Paniai Barat mengatakan, kepercayaan masyarakat kepada KPU merupakan modal utama dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada, atas dasar itu ia meminta seluruh jajaran KPU menjaga kepercayaan tersebut dengan memberikan pelayanan publik yang baik, transparan, dan imparsial kepada semua pihak.

“Kami harap, kepercayaan masyarakat adalah modal utama yang harus KPU Paniai pegang. Untuk itu KPU Paniai wajib bekerja secara nyata untuk memberikan pelayanan publik yang baik, transparan dan tidak berpihak,” ungkapnya.
Ia menambahkan, kejujuran dan keterbukaan KPU Paniai merupakan langkah dasar dan awal mewujudkan Paniai sejahtera dan damai. (AB)

loading...
loading...