Dipenda Sulsel ngaku Kawal Perkap, terapkan pemberlakuan KTP Asli untuk Regident ranmor, Pelayanan cepat atau lambat?

oleh -362 views
Kadispenda Sulsel, Tauto Ranggina (Dok)
Kadispenda Sulsel, Tauto Ranggina (Dok)

Makassar– Seiring dengan program Direktorat Lalulintas Polda Sulawesi Selatan (Ditlantas Polda Sulsel), yang menerapkan pelayanan Registrasi Identifikasi kendaraan bermotor (Ranmor) baru maupun Biaya balik Nama (BBN II) dua tempat dan terkesan dua atap.

Karena itu, pihak Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Sulsel, ikut menegakkan regident dengan menerapkan pemberlakuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk pendaftaran regident ranmor baru (BBN 1) dan ranmor yang tengah berproses BBN II dalam mendukung penerapan Peraturan Kapolri (Perkap) No.5 Tahun 2012.

Kadispenda Sulsel, Tauto Ranggina yang dimintai komentar, membenarkan pemberlakuan KTP asl untuk BBN 1 (ranmor baru) dan BBN II, termasuk proses berkas ranmor masuk (lapor tiba),

“Pemberlakua KTP asli itu sudah sesuai dengan Perkap No.5 Tahun 2012. Silahkan buka peraturan itu dan cari syarat serta sistem pelayanan. Dan itu berlaku di seluruh Indonesia hasil rapat koordinasi di Jakarta belum lama ini,” ucap Tauto Ranggina, saat dihubungi via telepon selularnya, Selasa malam (31/5).

Saat ditanya soal pelayanan yang lamban pasca pemberlakuan KTP asli dan pelayanan dua tempat, Kadispenda Sulsel mengaku, jika KTP asli ditarapkan tetap akan cepat dan utama.

“Pelayanan itu yang utama. Sedang pemberlakuan KTP asli harus diperlihatkan saat regident ranmor. Selama ini banyak yang melanggar aturan dan mengakibatkan banyak ranmor alami tunggakan pajak,susah ditagih karena tak sesuai alamat yang ada di copy KTP,”jelas Kadispenda Sulsel.

Sementara itu, dari pantauan media ini beberapa hari terakhir, sejumlah dialer ranmor baru maupun showroom yang melakukan proses BBN II (lapor tiba), merasa pelayanan mereka diperlambat. Dan saat ini di tiga samsat yang ada sejumlah berkas ranmor baru harus tertunda proses input karena terkendala di KTP asli.

Editor: Zulkifli

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.