Direbutnya Pulau Lerelerekang Oleh Kalsel, Sulbar Gugat ke MK

oleh -248 views

images(238)-1Mamuju– Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi untuk merebut kembali Pulau Lerelerekang yang jatuh ke tangan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pemerintah Sulbar akan merebut dengan cara menggugat kembali Pulau Lerelerekang yang telah jatuh ke tangan Provinisi Kalsel secara hukum di MK,” kata Asisten I Pemprov Sulbar Jamil Barambangi di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan pemerintah telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp2,5 miliar untuk merebut kembali pulau Lerelerekang yang berada di selat Makassar antara Provinsi Kalsel dan Provinsi Sulbar melalui APBD 2015 dan anggaran tersebut dikelola melalui Biro Hukum Pemprov Sulbar.

Menurutnya anggaran tersebut diprogramkan melalui nomenklatur anggaran jasa pengacara, sehingga dikelola melalui Biro Hukum Pemprov Sulbar.

“Juga dialokasikan anggaran hukum untuk membiayai saksi mengenai kedudukan Pulau Lerelerekang yang sesungguhnya sebesar Rp200 juta melalui APBD Sulbar,” katanya.

Jamil mengatakan pemerintah Sulbar tidak akan berhenti memperjuangkan Pulau Lerelerekang kembali ke wilayahnya melalui jalur hukum karena pulau tersebut sebelumnya ditetapkan sebagai wilayah Kabupaten Majene Provinsi Sulbar yang dilegitimasi melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 43 tahun 2011.

“Permendagri Nomor 53 tahun 2014 yang menyatakan pulau Lerelerekang masuk dalam wilayah Kalsel, yang membatalkan permendagri Nomoe 43 tahun 2011 akan kami gugat dan pemerintah di Sulbar memiliki bukti kuat bahwa pulau kaya minyak dan gas (Migas) tersebut adalah wilayahnya,” katanya.

(AntaraSulsel)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.