Dirlantas Polda Sulsel Diminta Evaluasi Kinerja Kanit Regident Samsat Berbau Pungli

oleh -143 views

images(2)Indotimnews.com– Direktur Lalulintas Polda Sulsel, Kombes Pol. Edy Sukaryo, diminta berbagai kalangan untuk mengevaluasi kinerja para kepala Unit Registrasi Identifikasi (Regident) Ditlantas yang ada di wilayah kepemimpinannya.

Pasalnya, sejumlah Samsat yang ada di daerah kabupaten dinilai menjalankan tugas dengan aroma pungutan liar (pungli) sehingga terkesan pelayanan prima yang digenjot hanya menjadi celoteh belaka.

“Kami berharap Dirlantas yang baru, melakukan evaluasi terhadap kinerja para kanit regiden yang ada di daerah,” jelas Ketua Umum Jaeringan Oposisi Indonesia (JOIN) Sulsel, mansyur, via telepon selularnya, (27/5/2015).

Ia juga menjelaskan, yang terjadi saat ini di Samsat di daerah kabupaten, pelayanan tetap saja diwarnai dengan dugaan-dugaan puingutan di luar ketentuan.

Misalnya, rana pungli di permintaan nomor polisi, duplikat STNK, proses pendaftaran pembayaran pajak kendaraan bermotor (ranmor), cek fisik ranmor, lapor tiba, dan pencabutan berkas ranmor.

“Kita tentunya sepakat jika apa yang diduga dilakukan sejumlah kanit regident dengan melakukan pungutan di luar Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) adalah pungli,”. Tambahnya.

Sementara itu, Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara Republik Indonesia (Komnas Waspan RI) melaluli sekertarisnya, Nasution Jarre, dugaan aksi pungli para kanit regident yang ada di daerah, sangat meresahkan wajib pajak pemilik ranmor.

“Khususnya regident yang ada di daerah, memang sangat sulit dikontrol. Oleh sebab itu Dirlantas perlu melakukan pengawasan terhadap bawahannya,” cetus Nasution Jarre.

Namun menurutnya, jika hal itu dibiarkan tanpa ada evaluasi maupun pemantauan, maka citra kepolisian khususnya Ditlantas Polda sulit menjadi baik.

“Masyarakat saat ini menunggu kinerja Dirlantas untuk bisa membebaskan pelayanan kepolisian di setiap kantor samsat, terbebas dari pungli,” pungkas Sekertaris Komnas Waspan. (Zul)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.