Disangka Korupsi Dana Aspirasi, Anggota DPRD Jeneponto Jadi Tersangka

oleh -111 views

images(1)Indotimnews.com– Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar menetapkan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Jeneponto, Andi Mappatunru sebagai tersangka dalam kasus dana aspirasi Jeneponto sebesar Rp23 miliar tahun anggaran 2013.

Penetapan tersangka ini disampaikan Kepala Seksi Penyidikan (Kasidik) Bidang Tindak Pidana Khusus, Kejati Sulselbar, Syahrul Juaksha kepada Wartawan pekan ini.

“Kami menemukan indikasi penyimpangan terhadap pengusulan anggaran ini. Untuk itu kasus ini kami tingkatkan ke penyidikan sekaligus menetapkan Andi Mappatunru sebagai tersangka dalam kasus ini,” kata Syahrul.

Syahrul menjelaskan, ada sekitar Rp250 juta dana aspirasi yang dialihkan untuk proyek pemasangan paving blok sepanjang 292 meter serta lebar 3,9 yang tidak tercantum dalam Rencana Kerja Anggaran di tahun 2013.

Selain itu, ada empat item paket pekerjaan yang tidak sesuai dengan peruntukannya yang juga dikelola oleh tersangka Andi Mappatunru. Proyek itu diantaranya antara lain, pembangunan drainase di lokasi Jalan Karya, Kabupaten Jeneponto Rp250 juta, pembuatan sumur bor di Desa Bungeng Rp100 juta serta rehab kantor Desa Jenetallasa Rp50 juta dengan total anggaran mencapai Rp650 juta.

Terpisah, Andi Mappatunru yang dikonfirmasi via telepon, Minggu (22/3) mengatakan, bahwa harusnya dalam kasus ini dewan tidak dilibatkan. Pasalnya, kata dia, bahwa proyek-proyek tersebut dikelola langsung oleh pihak eksektuif melalui dinas terkait.

“Kami hanya sekadar melakukan persetujuan anggaran yang diusulkan pemerintah. Sementara pelaksanaannya dilapangan adalah rekanan dan yang mengawasi adalah dinas terkait,” ungkapnya, seperti dilansir BKM.

Meskipun begitu, Mappatunru akan tetap menyerahkan kasus ini kepada proses hukum yang ada serta akan bersikap koporatif bila diminta menghadiri pemeriksaan.

“Kalau ini memang konsekuensi jabatan maka saya akan hadapi. Belum tentu tuduhan jaksa itu benar,” tegasnya.

Editor : Andi A Effendy

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.