DKP3 Mamfaatkan RTH Sekolah

oleh -780 views

OoIMG_20140822_142113-1Makassar– Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan (DKP3), serahkan bibit dan tanaman pot, ke SMU negeri 3 Makassar, Rabu, 20 Agustus 2014.

Kepala DKP3, Rahman Bando, mengatakan, pemberian tanaman ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan kepada siswa terkait jenis tanaman dan mamfaatnya dalam kehidupan.

“Kita berharap peranan sekolah untuk memberikan bimbingan kepada siswa dalam menanamkan rasa cinta dan kepedulian terhadap tanaman,” kata Rahman.

Menurutnya , Pemerintah kota saat ini dihadapkan dengan tantangan ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dengan penyerahan tanaman yang diharapkan dapat membuka ruang terbuka hijau di halaman Sekolah, sehingga dapat dikelola oleh siswa dalam melakukan penghijauan.

“Apa yang dipelajari di Sekolah terkait teknik bercocok bertanam modern dan penghijauan, setidaknya bisa di implementasikan dirumah masing-masing siswa, agar pemamfaatan pekarangan rumah menjadi lahan hijau yang produktif,”paparnya

Sementara itu Kepala Seksi Holtikultura, Isra Zulyadi, menambahkan,ada 14 Sekolah yang akan mendapatkan bantuan.

Dia menyebutkan bahwa setiap sekolah mendapatkan 75 Pot, yang terdiri dari tanaman hias, tanaman buah, tanaman toga, tanaman sayuran dan veltikultur sayuran. Penyerahan dilakukan secara bertahap kepada 14 SMU/SMK yang telah ditentukan.

“Untuk hari ini kita baru serahkan ke tiga Sekolah, besok kita akan lanjutkan lagi, sampai 14 sekolah sudah terbagi,”kata Isra

Lebih lanjut, Isra menjelaskan, penyerahan ini, sebagai bentuk tindak lanjut dari program pendidikan bercocok tanam yang pernah diselanggarakan DKP3 terhadap 14 Sekolah, tiga bulan lalu.

“Jadi, Sekolah yang diberikan bantuan ini, bagi yang pernah mengirimkan utusan siswanya dalam pelatihan teknik bercocok tanam bagi siswa SMU,”cetusnya

Hal senada juga ditambahkan Kepala bidang Pertanian, Herliyani,menjelaskan terkhusus untuk dua vertikultur sayuran yang diserahkan, adalah tanaman sayur yang sudah layak panen.

“Vertikultur sayuran yang kita serahkan seperti bayam dan kangkung yang siap dipanen,” tambahnya.

Terkait hal tersebut Wakil Kepala Sekolah SMU 3 Makassar, mengaku bersyukur dengan bantuan tersebut,pihaknya berjanji akan segera membentuk kelompok siswa dengan bimbingan guru biologi untuk memamfaatkan tanaman tersebut.Dalam menambah teknik bercocok tanam.

“Saya akan minta guru biologi untuk melakukan bimbingan kepada siswa dalam memamfaatkan bantuan tanaman ini, agar menjadi pengetahuan yang bisa dimamfaatkan sebaik-baiknya di lingkungan rumah,”tandasnya (sak)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.