Dosen FPIK UMI Makassar Gelar Pelatihan Tehnologi Budidaya Ikan Baronang

oleh -214 views

MAKASSAR– DOSEN FPIK UMI Makassar. Dr.Ir.H. Abdul Rauf, M.Si dan Ir. H. Kamil Yusuf, M.Si, melakukan Pelatihan dan Pendampingan terhadap Kelompok Nelayan Maccini Baji dalam rangka penerapan teknologi budidaya (pembesaran) ikan baronang pada keramba jaring tancap.

Alat ini dipasang pada ekosistem padang lamun, dimana sampai saat ini ekosistem ini belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir.

Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari implementasi tri darma perguruan tinggi bagi dosen yaitu pengabdian pada masyarakat.
Kegiatan ini terlaksana melalui program pengabdian oleh lembaga pengabdian kepada masyarakat (LPkM) universitas muslim indonesia makassar dengan sumber dana dari UMI .

Penerapan teknologi budidaya (pembesaran) ikan baronang pada keramba jaring tancap di ekosistem padang lamun, Oleh tim pengabdi Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Makassar ini di Ketuai Oleh Dr.Ir.H. Abdul Rauf, M.Si.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok mitra dalam penerapan teknologi budidaya (pembesaran) ikan baronang pada keramba jaring tancap di ekosistem padang lamun.

Manfaat dari Kegiatan budidaya ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir dan menjadi mata pencaharian alternatif bagi mereka. Disamping itu hasil kegiatan ini juga diharapkan menjadi masukan bagi pengambil kebijakan (pemerintah) untuk pengembangan kegiatan ini kedepan.

Ir. H. Kamil Yusuf, M.Si, Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dirancang dalam tiga tahapan yakni tahap pertama melakukan sosialisasi sekaligus memperkenalkan alat budidaya ikan baronang yang dioperasikan di ekosistem padang lamun pada kelompok nelayan mitra di wilayah pesisir Maccini Baji, Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labakkang. Tahap kedua melakukan pembuatan alat sekaligus pengoperasiannya di lokasi tersebut dengan melibatkan kelompok mitra. Tahap ketiga akan dievaluasi sejauh mana efektivitas alat tersebut dapat meningkatkan pendapatan nelayan (masyarakat pesisir) dan sekaligus dapat menjadi mata pencaharian alternative bagi masyarakat setempat.

DR.Ir. H. Abdul Rauf M.Si. Alat ini berfungsi sebagai alat / media budidaya atau pembesaran bibit ikan baronang yang di tangkap dari alam. Dari aspek ekonomi alat ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan nelayan karena bibit yang digunakan langsung diambil dari alam secara gratis dan tersedia dengan jumlah yang besar, sedangkan dari aspek ekologi dapat menjamin kelestarian sumberdaya ikan tersebut. Disamping itu, keistimewaan alat ini adalah biayanya cukup murah dan pemeliharaannya mudah dan dapat dioperasikan sepanjang tahun.

Usaha ini akan dikembangkan baik secara kelompok, individu maupun dengan mendayagunakan bantuan Pemkab Pangkep.

Alat ini dioperasikan tidak jauh dari pantai dan pengoperasiannya mudah dan biaya kontruksi cukup murah dan ramah lingkungan.

Kegiatan ini cukup efektif untuk dijadikan sebagai mata pencaharian alternative bagi nelayan, khususnya di daerah ini. (*)

loading...
loading...