Home / DAERAH / Dosen UMI Latih Karang Taruna Desa Borikamase Budidaya Toga

Dosen UMI Latih Karang Taruna Desa Borikamase Budidaya Toga

MAKASSAR– Dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI), Nurjannah Abna ( Fakultas Sastra) dan Nirwana Jufri ( Dosen Pertanian) sebagai bagian implementasi tri darma perguruan tinggi melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan program budidaya tanaman obat keluarga melalui pemanfaatan lahan pekarangan pada kelompok Karang Taruna Desa Borikamase Kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros untuk tahun 2018.

Implementasi progam pengabdian tersebut, setelah sebelumnya dilaksanakan sosialisasi program kepada pemerintah desa dan pengurus karang taruna, dilanjutkan pelatihan pemanfaatan lahan dan jenis obat yang cocok ditanam sesuai dengan jenis tanah di Desa Borikamase Minggu ( 30/12) yang diikuti 15 orang pengurus Karang Taruna Desa Borikamase Kecamatan Maros Baru.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Pengabdi Dosen, Nurjannah Abna.

Secara umun permasalahan yang dihadapi pengurus karang taruna dalam mengembangkan tanaman obat keluarga melalui pemanfaatan lahan pekarangan adalah kurangnya pengetahuan dan pelatihan mengenai pengenalan jenis tanaman obat keluarga dan manfaatnya,.

“Bagaimana teknik penanaman obat dan pemeliharaannya dan tentu program ini dapat memberi manfaat sebagai alternatif pertama jika ada yang membutuhkan,” uj├ár Dosen Fakultas Sastra UMI ini.

Sementara itu, Nirwana Jufri mengatakan, pengenalan jenis obat dan kesesuaian lahan sangat penting untuk diketahui sehingga pengurus karang taruna betul-betul memahami jenis obat yang akan ditanam bagaimana cara menanamnya sesuai dengan jenis tanah yang akan digunakan sebagai tempat menanam toga, dan bagaimana manfaatnya sebagai obat dan cara penggunaannya.

Sementara itu, Kepala Desa Borikamase, Aswin dalam sambutannya mengatakan apresiasi dan berterima kasih atas program ini karena secara langsung, memberikan dukungan/ bantuan pemerintah dalam pemberdayaan generasi muda Desa Borikamase.

“Kami sangat berterima kasih. semoga program ini berkelanjutan untuk pemberdayaan masyarakat kami,” papar Aswin. (*)

loading...