Dua Hari Menjelang Akhir Masa Jabatan SYL Resmikan Masjid Agung Syech Yusuf

oleh -348 views

GOWA — Pasca direnovasi, Akhirnya Masjid Agung Syekh Yusuf Resmi digunakan. Peresmian tersebut dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo. Jumat (6/4/2018).

Peresmian ini dibuka dengan Sholat Jumat berjamaah dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan disaksikan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Ketua DPRD Gowa Ansar Zaenal Bate, Sekretaris Daerah, Muchlis, serta Forkopinda Kabupaten Gowa.

Dihadapan Gubernur Sulsel, Bupati Adnan menuturkan, Masjid Agung Syekh Yusuf yang pembangunannya kurang lebih Dua tahun ini, menelan anggaran 25 Milyar. Dengan rincian, 3 Milyar bersumber dari APBD Kabupaten Gowa, sedang 22 Milyar bersumber dari partisipasi berbagai pihak baik dari pengusaha-pengusaha maupun dari pihak perbankan, serta dari sumbangsih masyarakat Gowa.

“Saya selaku pemerintah daerah mengucapkan terimakasih atas bantuan dari berbagai pihak atas partisipasinya dalam pembangunan mesjid ini,” ucapnya.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, dirinya kagum dengan pembangunan Masjid Agung Syekh Yusuf.

“Orang Gowa itu bagus wilayahnya, bagus agamanya, bagus adatnya dan bagus kekeluargaanya, sehingga dapat dicerminkan dari megahnya pembangunan masjid ini yang dibangun dengan kebersamaan,” seru SYL dihadapan ribuan jamaah sholat jumat.

Syahrul juga menambahkan di dalam sambutannya bahwa “masyarakat Bugis-Makassar terkhusus masyarakat Gowa memiliki filosofi kehidupan “Appa Sulapa”. Hal ini tercermin dari ornamen-ornamen yang ada di dalam masjid dan kubahnya berbentuk belah ketupat yang menghadap ke atas seperti orang berdoa.” Tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur juga menyampaikan terima kasihnya kepada Bupati Adnan beserta seluruh pihak atas partisipasinya baik itu secara moril maupun material.

“Saya percaya bahwa di mesjid ini masih ada para wali dan syiar Islam masih selalu ditegakkan. Diakhir masa jabatan saya sebagai Gubernur saya menitip pembangunan Sulawesi Selatan kepada kita semua dan terkhusus pembangunan yang ada di Gowa,” tuturnya.

Laporan Fandi

loading...
loading...