Home / HUKRIM / Dua Penipu Online Shop Dibekuk Unit Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel

Dua Penipu Online Shop Dibekuk Unit Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel

MAKASSAR– RG (28) dan A (29), dua penipu online yang harus berurusan pihak kepolisian. Pasalnya mereka ditersangkakan karena kasus penipuan online dengan modus online shop.

Menurut Kabid Humas Polda Sulsel, Kom es Pol. Dicky Sondani, keduanya ditangkap Unite Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel, setelah menerima laporan J selaku korban.

“Kedua pelaku berhasil mengumpulkan dana kurang lebih 150 juta dari hasil penipuan tersebut dan melakukan aksinya di dua tempat berbeda di Kabupaten Sidrap yakni di Kampung Tanete, Dusun Tanete, Kecamatan Maritenggae dan di jalan Singa, Kelurahan Lautang Benteng, Kecamatan Maritangaei,” ungkap Kombes Pol Dicky Sondani, Senin (12/3/2018), pada awak media.

“Dari keterangan korban, saat itu korban membeli 1 unit HP via akun Facebook Deby Ardi Wiyanto. Korban selanjutnya dihubungi oleh seseorang yang mengaku bernama Jusmantoro dari Bea Cukai yang menyampaikan jika GP ditahan karwna barang tersebut illegal,” papar kabid humas.

Para pelaku tambah Dicky, juga mencatut nama-nama pejabat negara lainnya yang akan membantu mengembalikan dana korban.

“Para pelaku mengaku sebagai Dirkrumsus Polda suksel, Kombes Pol Yudiawan, mentei keuangan Sri Mulyani yang akan membantu korban untuk mengembalikan kerugian korban,” tambahnya.

” Atas perbuatan para pelaku disangkakan dengan pasal 28 ayat (1) Jo pasal 36 Jo, pasal 51 ayat (2) UU no.19 tahun 2016 tentang perusahaan atas UU No.11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elekteonik,” tegasnya.

Lanjut Kabid Humas Polda Sulsel, RG mengakui kejhtantersebut awalnya dilakukan oleh temannya S yang masih DPO selaku pemilik akun facebook Deby Ardi Wiyanto yang selanjutnya dioper ke RG untuk mengaku sebagai petugas Bea Cukai dan Mentri Keuangan. (*)

loading...