Home / Featured / Fakultas Hukum Gelar Rapat Kerja. Ini yang Dibahas!

Fakultas Hukum Gelar Rapat Kerja. Ini yang Dibahas!

MAKASSAR– Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia gelar Rapat Kerja yang dibuka Rektor UMI, Prof.Dr. H. Basri Modding, SE.,MSi yang berlangsung diaula Hijaz Kampus II UMI, Sabtu, (6/4).

Rektor UMI, Prof.Dr. H. Basri Modding, SE.,MSi menjelaskan, menyikapi kondisi saat ini, era revolusi industry 4.0, para dosen harus segera menyiapkan diri agar benar-benar menguasai teknologi terkait proses pembelajaran. Pertimbangannya, pola mengajar konvensional yang selama ini mengandalkan tatap muka dalam kelas, secara perlahan akan ditinggalkan. Dikatakannya, belum lama ini, dalam sebuah kegiatan ilmiah di Jawa, Kemenristek Dikti mengingatkan, agar para dosen dalam proses pembelajaran, lebih familiar dengan era millineal.

”Kemampuan millenial itu sangat penting, karena 10-15 tahun ke depan, banyak kampus yang sunyi. Namun sunyi bukan karena tanpa mahasiswa, tapi proses perkuliahan umumnya melalui online. Tatap ada tatap muka, hanya prosesntase lebih kecil. Dengan demikian, mahasiswa sebuah Perguruan Tinggi akan lebih banyak dari dalam dan luar negeri,” tandas Guru Besar Fakultas Ekonomi ini.

Pengaruh era millenial saat ini sangat terasakan. Dalam berbagai aspek kehidupan, peran teknologi cukup banyak menggeser aktivitas dan peran manusia.

“Dengan demikian, terbentang dua pilihan, kita berkeinginan maju atau termarginalkan,” ujar Basri.

Tantangan yang dihadapi diera Revolusi industry 4.0. kita dihadapkan dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat.

“Era ini sangat kompetitif, membutuhkan manusia-manusia yang responsive dan mampu mengantisipasi perubahan dengan baik. Karena jika kita tertinggal, kita akan tergerus dan menjadi ancaman masa depan. Karena itu Peningkatan mutu dan produktivitas dosen UMI akan terus diupayakan, dengan SDM yang berkualitas, kami yakin kualitas belajar mengajar, kegiatan-kegiatan riset dan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan akan lebih memiliki relevansi dan kesesuaian dengan pengembangan ilmu di satu sisi dan dengan tuntunan dan kebutuhan masyarakat di sisi lain,” ucapnya.

Terkait hal itu, dalam Raker ini, civitas akademika Fakultas Hukum UMI, harus segera merumuskan langkah langkah strategis menuju era millenial yang berbasis IT termasuk proses pembelajaran.

“Setelah dirumuskan dengan baik, mari kita dukung bersama, apa yang menjadi program Pimpinan Fakultas,” ujar Basri.

Sebelumnya Dekan Fakultas Hukum, Dr H M. Syarif Nuh,SH,MH., melaporkan, empat tahun terakhir, fakultas hukum termasuk salah satu fakultas yang diminati oleh calon mahasiswa bru, hal ini ditandai dengan tingginya peminat setiap tahunnya dan kami tidak pernah meneria mahasiswa baru dibawah jumlah 700 orang. Khusus Tahun Ajaran 2018/2019, mahasiswa baru Fakultas Hukum mencapai 840 orang.

Tingginya peminat Maba FH UMI, juga mendorong upaya peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, termasuk pula pelayanan bidang administrasi.
Mengutip pernyataan Ketua APTISI dalam sebuah pertemuan nasional di Jakarta, baru-baru ini, Syarif Nuh mengatakan, jika pelayanan pendidikan di Indonesia tetap mengacu model konvenesional seperti sekarang ini, maka 10-15 tahun lagi, diprediksi akan ketinggalan oleh kemajuan teknologi.

”Itulah sebabnya ke depan, FH UMI akan lebih memacu diri dan mengoptimalkan model pembelajaran berbasis IT,dan berbagai sarana lainnya,” ungkap Dekan FH UMI.

Sementara itu, Ketua Panitia Raker yang juga Wakil Dekan I Fakultas Hukum, Dr. Hj. Nur Fadhillah Mappaselleng, SH.,MH mengatakan bahwa kegiatan yang berlangsung dua hari ini bertujuan merumuskan program startegis dalam pengembangan Fakultas Hukum ke depan dan menghadirkan narasumber Dr H Hanafi Ashad,MT (WR 1), Prof Dr Salim Basalamah,SE,MSi (WR 2), Prof Dr La Ode Husen,SH,MH (WR 3), Dr KH Zein Irwanto,MA (WR IV) dan Prof Dr H Hatta Fattah,MSi.

Pembukaan raker dihadiri Wakil Rektor I,II,III,IV dan V, para Guru Besar FH UMI, Dekan FH UMI, para Wakil Dekan FH, Ketua Bagian,para dosen dan karyawan FH UMI. (*)

loading...