Festival Guto hiasi pagelaran Malam lailatul Qadar di Tikep

oleh -193 views

IMG_20160704_001536Tidore– Upaya membangun kearifan lokal dalam memperkuat identitas Kota Tidore Kepulauan sebagai kota budaya, Pemerintah Daerah menggelar Festival Guto yang dibuka secara resmi oleh Walikota, Capt. H. Ali Ibrahim di Pantai Tugulufa Kelurahan Indonesiana, Jumat (1/7) malam.

Guto sendiri merupakan media penerangan, sejenis lampu pelita berbahan bambu, Guto ini diadakan bertepatan malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan. Kegiatan Guto Fest ini dilakukan sekaligus dicanangkan untuk menanamkan kembali nilai-nilai kearifan lokal masyarakat khususnya masyarakat Tidore sebagai salah satu media pengontrol budaya modernisasi. T

radisi ini juga syarat dengan nuansa islami, dimana masyarakat mencoba mengartikulasikan malam lailatul qadar sebagai malam turunnya Al-quran, filosofinya adalah guto sebagai media penerang jalan menuju kesempurnaan yang abadi.

Guto festival yang di adakan tahun 2016 ini melibatkan 42 kelurahan dan desa, empat kecamatan yang berada di pulau Tidore serta SKPD sekota Tidore Kepulauan dan juga Organisasi Paguyuban sebagai peserta festival, jumlah guto yang dibakar pada festival ini sebanyak 88.800 buah guto. S

elain piala bergilir, para pemenang juga akan diberikan piagam penghargaan dan uang tunai. Pengumuman para juara akan disampaikan dalam Halal Bi Halal Pemerintah Kota Tidore Kepulauan setelah Idul Fitri.
Sebelumnya, Walikota bersama Ketua TP PKK, Ny. Hj. Sulamah Ali Ibrahim, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan SKPD, Instansi Vertikal, Paguyuban, serta masyarakat setempat melaksanakan buka puasa bersama dan shalat magrib berjamaah di Masjid Nurul Jannah, kemudian dilanjutkan dengan Pembukaan Festival Guto yang ditandai dengan pembakaran guto oleh Walikota Tidore Kepulauan.

Laporan : Ute

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.