FK UMI Perluas Jejaring Rumah Sakit Pendidikan hingga ke Bone

oleh -104 views

MAKASSAR– Fakultas kedokteran memperluas jaringan kerjasama di berbagai instansi melalui Rumah Sakit Ibnu Sina YW UMI sebagai RS Pendidikan Utama.

Terbaru, FK UMI Lakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama RS Ibnu Sina YW UMI dengan RSUD Tenriawaru Kabupaten Bone, Senin (7/6/2021).

Kerjasama yang berlangsung di Kantor Bupati Bone Jalan Jend. Ahmad Yani, Kota Watampone, ini terkait Triparti Untuk Jejaring Pendidikan, Penelitian, & Pengabdian Kepada Masyarakat Termasuk Pemanfaatan Sumber Daya Manusia.

Penandatangan ini dihadiri oleh Bupati Bone Dr.H. A. Fahsar M.Padjalangi M.Si, (diwakili oleh Sekda Kab Bone) Dekan dan Wakil Dekan FK UMI, Prodi Profesi dan CEU FK UMI, Direktur Utama RS Ibnu Sina YW UMI, Direktur Pendidikan & SDM, Direktur Umum, serta Komkordik RS Ibnu Sina YW UMI.

Dekan FK UMI Prof. dr. H. Syarifuddin Wahid, PhD., SpPA (K) mengungkapkan, tujuan dari Penandatangan MoU ini adalah Meningkatkan Kerjasama terutama dalam Pendidikan Profesi Dokter dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMI.

Menurutnya, kegiatan ini menambah daftar jejaring Rumah Sakit Pendidikan FK UMI. Selain RS Pendidikan Utama Ibnu Sina yang selama ini berjumlah 15 RS baik yang tersebar di Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kota Pare – Pare, & Kota Palopo.

“Tentu bertambahnya Rumah sakit jejaring pendidikan ini akan menambah kapasitas dalam pengembangan & peningkatan kualitas pendidikan profesi FK UMI terkhusus kepada mahasiswa pendidikan profesi FK UMI, jarena kita tahu bahwa semakin banyak rumah sakit, semakin banyak kasus, semakin banyak variasi kasus,” bebernya

“hal Itu tentu akan memperkaya khasanah dalam rangka peningkatan kompetensi baik pengetahuan maupun keterampilan anak didik kita terutama mahasiswa Program Profesi Dokter dan juga akan menambah kapasitas kualifikasi fakultas kedokteran dalam rangka akreditasi ke depannya,” sambungnya.

Lebih jauh, ia mengaku bersyukur bahwa FK UMI saat ini sudah terakreditasi A oleh LAM PT Kes, baik Program Studi Sarjana Kedokteran maupun Program Studi Profesi Dokter dan ke depannya akan menjadi akreditasi unggul & Kemudian RS Ibnu Sina telah di tetapkan sebagai RS Pendidikan Utama.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Kabupaten Bone Drs.H.A.Islamuddin menyambut dengan sangat baik kerjasama ini. Menurutnya, kerjasama ini juga memberikann banyak manfaat, tidak hanya manfaat bagi pendidikan. “Tapi juga untuk Pengembangan RSUD Tenriawaru Bone menjadi RS Pendidikan & RS Tipe B Pendidikan,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Direktur Utama RS Ibnu Sina Dr. dr. H. Sultan Buraena, MS, Sp. OK kerjasama ini adalah meningkatkan kapasitas baik itu pendidikan, penelitian, pelayanan / pengabdian pada masyarakat & termasuk pemanfaatan sdm kedepannya.

“RS Ibnu Sina telah ditetapkan sebagai RS Pendidikan Utama oleh Kemenkes & juga telah terakreditasi, serta Alhamdulillah pula Institusi Universitas Muslim Indonesia juga telah terakreditasi A oleh BAN PT,” tambahnya

loading...
loading...