Home / Indotimnews / Gelar RAKORNAS, Menifesto KOMANDO V menempatkan Pancasila sebagai Hirarki Tertinggi

Gelar RAKORNAS, Menifesto KOMANDO V menempatkan Pancasila sebagai Hirarki Tertinggi

JAKARTA– Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (Komando) kembali menggelar Musyawara Kerja Nasional ke -5 yang berlangsung pada Tanggal 7-9 Juli 2018 di Gedung Cawang Kencana Jakarta Timur.

Agenda tersebut merupakan rangkaian tak terputus, sebagaimana diketahui telah terselenggara konsolidasi 1 hingga 4, dalam rangka membedah permasalahan bangsa ditengah carut marutnya situasi nasional belakangan ini.

Presedium Komando Makassar Abdul Gaffar (Kawan Chonel) menuturkan pijakan dasar mahasiswa yang mewakili kampus atau perguruan tinggi dari berbagai provinsi di tanah air, tetap konsisten atas gagasan yang telah dirumuskan sebelumnya.

“Gerakan berlandaskan pada Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus, Pembukaan UUD 1945, Pancasila, Tri Sakti kemerdekaan dengan makna berdaulat dibidang politik berdikari dibidang ekonomi serta berkepribadian budaya,” papar Chonel, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar, Selasa (10/7/18).

Lebih lanjut dia menjelaskan, landasan terakhir adalah tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adalah visi atau tujuan pencapain dan salah satu tanggung jawab yang harus di topang penuh oleh seluruh mahasiswa.

“Masih banyaknya perundang-undangan yang didalamnya terdapat pasal-Pasal yang tidak sesuai dengan Pancasila harus digugurkan dan dikembalikan kepada nilai-nilai Pancasila. Agar segala aspek permasalahan di Indonesia bisa diselesaikan dengan sistem yang benar karena Pancasila Sebagai sumber dari segala sumber hukum adalah pintu kepastian Pancasila sebagai Hirartki tertinggi,” tegasnya.

Atas dasar Tirdarma perguruan tinggi kita Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam KOMANDO menyatakan sikap :

1. Menuntut Penyelenggara Negara memegang teguh dan segera menetapkan Pancasila menjadi Hirarki tertinggi dalam sistem berbangsa dan bernegara.
2. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber Hukum dan diletakkan sebagai Hirarki tertinggi perundang-undangan adalah hadia besar untuk Rakyat Indonesia pada momentum 73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia karena Pancasila adalah dasar negara Republik indonesia yang merdeka.

Bila penyelanggara Negara indonesia tidak meletakkan pancasila sebagai Hirarki tertinggi pada momentum 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tgl 17 Agustus 2018. Maka kita putra putri Indonesia menyurukan Mogok Nasioanal pada tgl 28 Oktober 2018 sebagai semangat sumpah pemuda dalam menunjukkkan kekuatan pancasila.

loading...