GEMA LMP Sulsel Hardiknas 2018: Krisis pendidikan yang di sebabkan krisis ekonomi global

oleh -370 views

MAKASSAR– Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2018, yang akan dirayakan oleh Gerakan Mahasiswa Laskar Merah Putih (GEMA LMP) Sulsel, Rabu 2 Mei 2018 dengan cara penyampaian orasi.

Ketua Umum GEMA LMP Sulsel ini, Ucu Mattawang menilai, kondisi pada saat ini, pendidikan Indonesia masih saja memprihatinkan atau kurang perhatian dari pihak pemerintah.

“Kondisi itu terutama mengenai fasilitas pendidikan di daerah-daerah yang kurang terlihat, baik sarana ataupun prasarana pendidikan. Masih saja kita lihat dan dengar kabar, bahwa masih adanya bangunan sekolah yang merupakan tempat paling utama untuk anak-anak mencari ilmu itu tidak layak untuk digunakan,” terang Aktivis ini, dalam rilisnya yang diterima media ini, selasa (1/6/18).

Berbicara tentang pendidikan di Indonesia, Ucu menambahkan, tidak akan lepas dari pemikiran tentang krisis pendidikan yang di sebabkan krisis ekonomi global yang terjadi. Biaya pendidikan yang melambung tinggi membuat anak-anak yang keadaan perekonomian nya kurang baik memiliki nasib yang kurang beruntung dikarenakan mereka harus putus sekolah dan bekerja untuk membantu pekerjaan orangtua.
Hal ini adalah masalah besar yang dihadapi Indonesia, karena dengan adanya krisis pendidikan yang semakin merajalela ini akan membuat Indonesia semakin di remehkan oleh Negara-negara lain.

Hal senada juga dipaparkan, Jenderal Lapagan aksi GEMA LMP Sulsel, Ridwan, banyaknya anak yang tidak bersekolah akan membuat SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia semakin tertinggal jauh kualitasnya dengan Negara-negara maju lainnya.

“Apalagi dengan dibukanya program Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), membuat kita khususnya warga Indonesia harus bisa bersaing dengan para tenaga kerja dari luar,” terangnya.

Demikian Koordinator Lpangan GEMA LMP Sulsel, Chonel menilai, hal ini makin membuat mahasiswa untuk terus berkontribusi, menggiring pemikiran masyarakat luas untuk terus berkarya dalam rangka memujudkan pemerintahan yang baik, dengan kerja nyata kita bisa membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Ini tuntutan yang akan dibavakan saat aksi peringatan HARDIKNAS 2018;

1. Revisi kembali UU NO.20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional
2. Wujudkan Pendidikan Yang Berbasis Berkarakter sesuai UU 1945
3. Tolak Pembangunan Kampus Universitas Asing yang sebentar lagi yang akan di Bangun di Bangsa Indonesia.
4. Tolak masuknya Aparat Militer Baik dari Instansi Polri Maupun TNI dalam kampus karena mampu mengggangu Pisikologi Mahasiswa yang ingin Belajar. Karena tidak sesuai dengan UU No. 12 Tahun 2012 Pasal 8 Ayat 3.
5. #2019GantiPresiden. (*)

loading...
loading...