Gowa Peringati Hari TB Sedunia di Puskesmas Pallangga

oleh -466 views

GOWA— Pemerintah Kabupaten Gowa memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia (HTBS) 2018 berlangsung di Puskesmas Pallangga Kelurahan Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa Sulsel Sabtu (24/3/2018).

Karena itu, pada Hari TBC Sedunia ini perlu meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya berobat sampai sembuh bagi setiap kasus TBC agar tidak menularkan penyakitnya pada orang di sekitarnya.

Sementara itu Camat Pallangga Dalam Sambutan’nya Mangatakan, Pertama kami ucapkan Selamat Datang Kepada Bapak Bupati Gowa beserta Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa di Wilayah Kecamatan Pallangga sebagai Pemerintah dan masyarakat Pallangga merasa bangga atas kehadiran undangan.

“Kami laporkan kehadapan Bapak Bupati Gowa Beserta Ibu, bahwa Pemerintah Kecamatan Pallangga bersama Semua lintas Sektor Yang ada merasa bangga dan bersyukur atas ditempatkannya Hari TB Sedunia dan Video Confrence Bersama Menkes RI Dalam rangka hari TBC sedunia di wilayah kami , ini tentu sangat-sangat bermakna terhadap upaya sinergitas yang Saat ini kami lakukan Bersama,” jelas Camat Palangga.

Dijelaskan, sinergitas yang dimaksud adalah dengan adanya 4 Program Strategis Pemerintah kecamatan, 1.Pallangga bersih dan sehat Yang di dalamnya ada Kecamatan ODF yang Pertama dikabupaten Gowa, 2.Pallangga Ramah Anak, Yang juga pertama di kabupaten Gowa, 3.Pemenuhan Hak Anak dengan Pemberian Akte kelahiran setiap anak yang lahir, Di dalamnya ada Program Gerakan Ayah Asi 4. Dialog Hati, Membuka ruang komunikasi antar Pemerintah dgn masyarakat Terhadapa persoalan kemasyarakatan yang ada,” ucap Camat Pallangga

Lebih Lanjut Indra Wahyudi Yusuf Mejelaskan, Dengan 4 program tadi, ini tentu sangat terkait dengan adanya inovasi dan improvisasi kegiatan Pengendalian dan Pencegahan penyakit TBC di wilayahnya yang melibatkan semua elemen masyarakat Pallangga dibuktikan dengan Hadirnya lebih awal Pos TB Desa Panakukang melalui petunjuk Dinas kesehatan Kabupaten Gowa.

” Pos TB ini di fase awal di support langsung oleh Balai kesehatan Paru Makassar, Yang merupakan Pos TB Pertama di kabupaten Gowa, Gerakan SAREBAYAO Dengan Pemberian Telur Pada Penderita TBC dan Kusta,” tambahnya.

Untuk ase 1000 hari kehidupan Yang merupakan Periode Emas pembentukan 100 Milyar Sel Otak akan lebih Maksimal

“Melalui kesempatan ini kami laporkan kepada Bapak Bupati Gowa, Sebentar lagi kami akan Launching lagi Gerakan “OMMALE 1000 hari kehidupan” (optimalisasi Masyarakat Layak anak),” cetus WWahyud.

penyakit TBC inilah dan Akses sanitasi yang buruk yang Masih jadi tantangan kami semua yang banyak mencuri fase tersebut Selanjutnya fase stimulasi , Kecamatan Ramah anak Punya Banyak berperan, Dengan adanya Sarana bermain, Puskesmas Ramah anak, Sekolah ramah anak punya peran penting, sehingga sel 100 Milyar Otak tadi yang Sudah terbentuk Secara sempurna akan terhubung sinapsnya secara maksimal.

“Suatu saat kelak akan disambut Oleh Program Pendidikan Gratis yang Berkualitas Yang lebih dulu di canangkan oleh Bapak Bupati kita Bapak DR Ichsan Yasin Limpo. SH.MH Melaui kesempatan kami meminta petunjuk Bapak Bupati Gowa beserta ibu terhadap apa yang kami upayakan kaitannya dengan mempersiapkan masyarakat Pallangga menjadi manusia yang unggul yang kelak akan bisa bersaing dengan tantangan kehidupan yang ada,” harapnya.

“Tak henti-hentinya kami ucapakan banyak terima kasih Kepada Bapak Bupati beserta Ibu atas segala dukungan dan kebijakannya kepada Kami Terhadap program sinergitas yang kami lakukan, semoga apa Yang di upayakan bersama senantiasa mendapatkan RidhoNya dan bermanfaat buat masyarakat pallangga,” pungkas Camat Pallangga Indra Wahyudi Yusuf.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa,
Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Gowa, Camat Sekabupaten Gowa, serta Seluruh Tim Penggerak PKK Kecamatan Sekabupaten Gowa, dan seluruh Kepala Puskesmas Gowa, dan Pengelola P2 TB. Serta Para Kepala Dinas Kabupaten Gowa dan Para Kades Sekabupaten Gowa.

Laporan Fandi

loading...
loading...