Guru se Makassar Bakal Dapat Kartu Multi Fungsi “Smart Card”

oleh -286 views

images(36)-1-1Makassar– Seluruh Guru di Kota Makassar bakal mendapatkan kartu multi fungsi “Smart Card”. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara  Pimpinan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Wilayah Makassar, Kuswiyoto, dengan Walikota Makassar, Danny Pomanto, di Rumah Jabatannya, Jl. Penghibur, Jumat (26/9/14).

Menurut Kuswiyoto, sebanyak 7500 kartu telah siap cetak dan saat ini berada di Jakarta. Rencananya, pada  awal Oktober, seluruh kartu akan dikirim ke Makassar. “Ada 7500 kartu yang diperuntukkan bagi Guru telah siap cetak. Jika sudah dicetak, seluruhnya akan dikirim ke Makassar pada awal bulan Oktober” Kata Kuswiyoto

Menurutnya, pihak akan mengirim mesin foto sebanyak 5 unit untuk melayani seluruh calon pemilik Smart Card.

” Dalam waktu dekat, mesin foto sebanyak 5 unit akan tiba di Makassar. Nanti para guru yang akan mendapat smart card harus melewati proses pengambilan foto untuk di pasang didalam kartu, Insya Allah, jika sesuai rencana prosesnya akan cepat ” lanjutnya.

Nantinya, kartu yang telah di pasangi foto akan diserahkan ke Pemkot Makassar untuk didistribukan kepada seluruh guru di kota Makassar.

Sementara itu walikota Makassar, Danny Pomanto saat dikonfirmasi berharap penggunaan Smart Card untuk para guru ini bisa menjadi solusi cemerlang terhadap masalah pendistribusian tunjangan sertifikasi guru yang sering berpolemik.

”Kita berharap Smart Card ini menjadi solusi dari berbagai kesemrawutan birokrasi yang selama ini banyak di keluhkan. Terkhusus untuk guru, ini menjadi prioritas awal, apalagi semua datanya sudah masuk, jadi sisa menunggu waktu sedikit lagi, Insya Allah sudah bisa di manfaatkan ”  lanjutnya.

Menurut Danny, pendistribusian tunjangan sertifikasi guru akan langsung ke rekening pribadi guru melalui Smart Card, demikian pula untuk transaksi keuangan lainnya.

”Jadi ini lebih transparan dan lebih mudah untuk dipertanggungjawabkan. Apalagi kartu ini multi fungsi, bisa sebagai ATM, kartu pegawai, juga untuk mengakses layanan kesehatan, layanan kependudukan, dan beberapa layanan lain yang Insya Allah akan lebih memudahkan para penggunanya ” jelas Danny.

Selain Smart Card untuk para guru se kota Makassar, seluruh ketua RT RW sekota Makassar juga dalam waktu dekat sudah akan dibagikan.

” Untuk RT RW juga sudah hampir rampung, kemungkinan oktober sudah bisa kami serahkan ” jelas Kuswiyoto.

Terkait Smart Card untuk RT RW, Danny menyebut sebagai terobosan dalam meningkatkan fungsi dan kualitas para RT RW.

”Insya Allah nanti jika kartunya sudah terdistribusi, Para RT RW tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk datang mengambil uang intensifnya di kantor, karena semua akan di transfer di rekening Smart Card nya. Jadi akan lebih mudah, termasuk juga layanan lainnya yang tersedia didalam kartu ” lanjut Danny.

Dari sejumlah data pegawai yang telah diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) kepada BRI, dalam kerjasama pembuatan kartu multi fungsi ini, data Guru adalah yang paling lengkap. “Kita utamakan kartu untuk Guru dulu, karena datanya yang paling lengkap kita miliki” katanya.

Kartu multi fungsi ini tentunya sangat bermamfaat bagi tenaga pendidikan, terutama sebagai kartu ATM, sehingga transaksi dana sertifikasi dapat langsung masuk di rekening pemilik kartu. Tidak hanya itu, Smart Card juga berfungsi sebagai kartu pegawai, kartu kontrol kesehatan, jaminan kesehatan, dan alat bayar elektrik (E-money).

Seluruh pegawai Pemkot Makassar juga akan mendapatkan kartu ini. Namun, prosesnya dilakukan secara bertahap sambil menunggu kelengkapan data pegawai sebagai persyaratan pencetakan kartu.

Kuswiyoto menambahkan, pedagang kaki lima (PK5) juga bakal  mendapatkan Smart card. “Sesuai dengan keinginan Pak Walikota, kartu ini juga akan kita buatkan untuk PK5. Syaratnya harus warga Makassar dan mendapatkan izin usaha dari kelurahan atau Pemerintah” tutupnya.(Din))

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.