Harga Eceran tertinggi Elpji 3 Kg Rp.15.500

oleh -200 views

20150116_15_02_02Indotimnews.com– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) resmi menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Elpiji 3 kilogram (kg) sebesar Rp 15.500 dari sebelumnya Rp 12.750.

Penetapan yang berlaku per Januari ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub). HET berlaku di tingkat agen atau pangkalan yang berjarak 60 kilometer (km) dari Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE). Jika melewati radius itu, harga menyesuaikan biaya transportasi.

Harga itu berbeda dari eceran yang tidak diatur dalam mekanisme ini. Pedagang biasanya mematok harga lebih tinggi. Saat HET Rp 12.750, harga Elpiji “melon” di pengecer di Makassar dan sekitarnya rata-rata berkisar Rp 15 ribu-Rp 16 ribu.

Seperti Dilansir Tribun, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulsel, Gunawan Palaguna, Kamis (15/1/2015), berharap agen maupun pangkalan tidak menjual Elpiji 3 kg melewati harga yang telah ditetapkan tersebut.

Meski penetapan HET tersebut masih terbilang lebih rendah dibandingkan beberapa wilayah lain di Indonesia. “Sebenarnya penetapan ini lambat jika melihat perkembangan kebijakan pemerintah akhir-akhir ini serta fluktuasi harga dipasaran,” katanya. (ahmad)

Editor : Andi A Effendy

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.