Hari Guru: Didik Anak Dengan Sepenuh Hati

oleh -225 views

20141125_15_50_52-1Jakarta– Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengapresiasi pengabdian para guru dan meminta mereka terus hadir dengan hati dan sepenuh hati untuk mendidik anak-anak bangsa.

Anies berharap para guru tetap hadir dengan senyum meski hari-hari di depan kelas menyedot energi dengan anak-anak yang menuntut perhatian dan tugas-tugas guru yang menumpuk sementara banyak ruang kelas belum semuanya memadai dan fasilitas belajar masih ala kadarnya.

“Ibu dan bapak guru yang saya hormati, teruslah hadir membawa senyum; berbekal kerahiman, songsonglah anak-anak bangsa ini dengan kasih sayang; hadirlah dengan hati dan sepenuh hati,” katanya saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa.

Ia lantas menuturkan bahwa menjadi guru bukanlah pengorbanan, namun sebuah kehormatan.

Para guru, ia melanjutkan, mewakili seluruh bangsa hadir di kelas, di lapangan, dan mengabdi dengan fasilitas ala kadarnya demi mencerahkan dan membuat masa depan yang lebih baik bagi anak-anak bangsa.

“Saya ingin menggarisbawahi bahwa persiapan masa depan bangsa dan negara Indonesia ini dititipkan pada Ibu dan Bapak Guru,” katanya.

Mendikbud menjelaskan pula bahwa pendidikan adalah ikhtiar fundamental dan kunci untuk memajukan bangsa karena kualitas manusia adalah hulu kemajuan dan pendidikan adalah salah satu unsur paling penting dalam meningkatkan kualitas manusia.

Dia mengajak semua pihak mendukung pelaksanaan layanan pendidikan serta mendorong semua kalangan membantu upaya memajukan pendidikan dengan membantu sekolah, guru, madrasah, balai belajar dan taman belajar.

“Saya mengajak semua warga bangsa Indonesia untuk ikut bekerja sama demi masa depan Indonesia yang lebih baik. Ya, secara konstitusional mendidik adalah tanggung jawab negara, tetapi secara moral mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik,” katanya

“Kita mengajak dan memberi ruang kepada masyarakat untuk ikut terlibat, memikirkan, dan berbuat untuk kemajuan dunia pendidikan kita,” tambah dia.

Ia juga berharap para guru melanjutkan ikhtiar mulia untuk mengubah wajah Indonesia menjadi lebih baik, lebih bersih, lebih jujur, lebih cerdas, lebih kreatif, dan lebih cerah.

“Kelak Ibu dan Bapak dapat berkata, ‘Saya di sana, saya terlibat. Sekecil apapun saya ikut mendidik generasi lebih baik. Saya ikut melahirkan generasi baru dan ikut berkontribusi membuat wajah Indonesia yang lebih cemerlang, dan membanggakan’,” katanya.

“Selamat meneruskan pengabdian mulia, selamat menginspirasi, dan Selamat Hari Guru,” demikian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

(Antaranews)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.