Home / EKOBIS / Hari ini, Bapenda Sulsel Sudah Berlakukan Permendagri No.5 Thn 2018 soal Insentif Pajak Angkutan Umum Orang/Barang

Hari ini, Bapenda Sulsel Sudah Berlakukan Permendagri No.5 Thn 2018 soal Insentif Pajak Angkutan Umum Orang/Barang

MAKASSAR– Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, hari ini, Senin 9 April 2018, sudah memberlakukan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.5 Tahun 2018, terkait Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2018, khususnya pemberian insentif pajak bagi angkutan umum orang/barang.

Dalam Permemdagri No.5 Tahun 2018, pada Pasal 9 disebutkan, bahwa bagi angkutan umum orang dengan syarat ketentuan perizinan yang berlaku mendapatkan insentif sebesar 70 persen dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Artinya, pembayaran yang dilakukan pemilik kendaraan berplat nomor polisi kuning ini, sisa 30 persen.

Sementara itu, kendaraan angkutan umum barang, akan mendapat insentif sebanyak 50 persen bagi kendaraan yang layak memdapatkan dengan persyaratan yang sudah ditetapkan.

Hal inipun sebelumnya telah diperintahkan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Sulsel, Tautoto TR pada seluruh Unit Pelaksana Tehnis (UPT) se Sulsel, agar segera menjalankan Permendagri tersebut.

Dalam edaran ini, seluruh angkutan umum orang/barang yang memdapatkan insentif harus berbadan hukum Indonesia seperti PT, BUMN, BUMD, dan Koperasi.

 

Kendaraan Angkutan Umum/orang harus miliki izin penyelenggaraan angkutan umum, orang/izin Trayek, kartu pengawasan atau pengendalian dan memiliki buku uji kendaraan (KIR).

Sementara aturan angkutan umum/barang juga diharuskan memiliki badan hukum seperti PT, BUMD dan Koperasi), memiliki SITU/SIUP yang bergerak di bidang angkutan umum barang dan buku KIR.

Penulis: Zulkifli

 

 

loading...