Home / Indotimnews / Hari Pancasila Jadi Penyemangat Mahasiswa Luwu

Hari Pancasila Jadi Penyemangat Mahasiswa Luwu

MAKASSAR– 1 juni resmi ditetapkan sebagai hari pancasila, mulai tahun 2016 1 juni telah resmi diperingati tiap tahun sebagai hari pancasila,

Hal tersebut memberi semangat positif pada berbagai pihak, tidak terkeculai bagi para mahasiswa asal tana luwu.

Tingkatkan minat literasi, sejumlah mahasiswa asal luwu membuat sebuah komunitas yang bergerak dalam bidang literasi yang diberi nama Marruki. Komunitas yang terbentuk 2 tahun silam bersamaan dengan bulan di tetapkannya hari pancasila 1 juni yang mulai berlaku sejak dikeluarkannya peraturan presiden (perpres) No. 24 tahun 2016.

Dalam membudayakan literasi, komunitas tersebut menghadapi banyak lika liku, mulai dari naik turunnya semangat teman teman marruki hingga pada maret 2017, akhirnya mereka turut berpatisipasi dalam pesta komunitas yang diselenggarakan di Kota Palopo.

Menurut Andi Wira Pratama, seorang mahasiswa Universitas Hasanuddin dan salah satu anggota komunitas tersebut, Marruki terbentuk agar dapat menjadi wadah untuk belajar, mulai dari menulis, membaca, mengenal sastra, sejarah bahkan apapun yang berkaitan dengan literasi.

“Bagi kami, bulan juni itu istimewa, dulu sejumlah pendiri bangsa merumuskan dasar negara dibulan juni tanggal 22 tahun 1945 dalam piagam jakarta, kami membuat komunitas ini tanggal 28 juni 2016, yah Cuma beda selisih 7 harilah,” ungkap Andi Wira dengan sedikit bercanda.

Harapan kedepan untuk komunitas ini adalah agar budaya literasi dapat menjadi budaya di tana luwu tempat mereka dilahirkan. (*)

loading...