Heran, ada sejumlah proyek PU Sulbar tender bulan Oktober berakhir Desember, BPK dan penegak hukum diminta seilidiki (Bag.1)

oleh -196 views

Makassar– Proyek fisik untuk anggaran Tahun 2015! Tentunya akan berakhir di Bulan Desember. Artinya, penyelesaian pekerjaan wajib rampung per Tanggal 31 5esember 2015.

Namun yang mengherankan di beberapa proyek fisik di Provinsi Sulbar dalam lingkup Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), pelaksanaan tendernya baru dilaksanakan Bulan Oktober 2015.

Seperti pada Rehab Pintu Gerbang Kantor Gubernur Sulbar dan rujab yang menelan anggaran sebesar Rp. 1,3 Miliar. Proses tendernya, dilakukan Bulan Oktober. Berarti, dalam jangka waktu dua bulan saja, proyek Rehab ini harus selesai, sedang dari pengamatan media ini, pekerja proyek hanya berkisar 6 orang. Mungkinkah.

Demikian pada proyek Rehab lanjutan Rujab DPRD Sulbar yang menelan anggaran APBD Tahun 2015 dengan nilai 2,5 Miliar. Proyek inipun baru ditender pada Bulan Oktober lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi, Andi Nasruddin saat dikonfirmasi via telepon selularnya, membenarkan jika dua proyek Rehab tersebut baru ditenderkan pada Bulan Oktober 2015.

“Ia ndik, baru dilakukan tender pada Bulan Oktober, karena ada permaslahan sedikit. Namun proyek ini sudah masuk tahap finishing,” ucap Nasruddin, Selasa (23/11).

Sementara itu, aktivis Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara Republik Indonesia (Komnas Waspan RI) di Jakarta saat dimintai komentar mengaku, bahwa proses tender yang baru dilakukan pada Bulan Oktober jelas sebuah ketimpangan.

“Ini perlu mendapatkan perhatian khusus pihak Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) dan penyidik hukum. Dan sangat mustahil dalam waktu dua bulan pekerjaan tersebut rampung,” papar Sekertaris Komnas Waspan RI, Nasution. (bersambung edisi berikutnya)

Penulis: Zulkifli Malik

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.