HIPIIS Sulsel dipim;pin Prof Tahir Kasnawi

oleh -223 views

HIPSS-2-SulselMakassar– Besar Sosiologi FISIP Unhas, Prof.Dr.M.Tahir Kasnawi, SU secara resmi dilantik menjadi Ketua Himpunan Indonesia Untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) Provinsi Sulsel periode 2014-2017, Sabtu 8 Desember 2015 di Hotel Maleo Makassar. Jajaran pengurus HIPIIS Sulsel itu dilantik oleh Ketua Pusat HIPIIS, Prof. Dr.Ravik Karsidi, MS didampingi Sekretaris, Dr. Lukmanul Hakim, M.Si

Pada sambutan pembukaan Ravik yang juga Rektor Universitas Sebelas Maret Solo ini menekankan, organisasi bertujuan membina kerjasama antar ahli dan mengembankan berbagai bidang ilmu pengetahuan berhubungan upaya mempelajari masyarakat dan kebudayaan demi tercapainya perbaikan yang terus menerus demi meningkatkan mutu kehidupan warga.

Pelantikan pengurus HIPIIS Sulsel, merupakan cabang ke sebelas dilantik setelah sebelumnya telah hadir pengurus di Jokyakarta, Jatim, Aceh, Jateng, Sumut, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Maluku Utara, Sumatera Utara dan Sulawesi Utara. Menyusul beberapa cabang segera hadir di provinsi, kabupaten dan kota seluruh pelosok Indonesia, tegas Ketua Forum Rekor Indonesia 2014 ini.

Kegiatan riel akan dilaksanakan HIPIIS termasuk diantaranya, melakukan penelitian dan pengkajian masalah kemasyarakatan, menggelar forum pertemuan ilmiah, melakukan kerjsama dengan pusat penelitian dan lembaga penelitian lainnya serta menerbitkan jurnal ilmiah dan buku-buku teks lainnya, ungkapnya.

Kepemimpinan Tahir Kasnawi dan tim pengurus lainnya akan lebih kuat apalagi berasal dari berbagai latar pengabdian di kampus negeri dan swasta. Sulsel dalam sejarah perjalanan HIPIIS pernah mencatat sebagai tempat pelaksanaan kongres tahun 1986 dengan mengusung tema besar, Perspektif Masyarakat Masa Depan, tegas Ravik.

HIPIIS awalnya dirintis oleh ilmuwan sosial di antaranya; Selo Soemarjan, Koentjraningrat, Taufik Abdullan dan Hasya T.Bachtiardi tahun 1970-an. HIPIIS di masa itu memberi cukup banyak ide dan pemikiran dalam kehiduapan berbangsa dan bermasyarakat, katanya.

Organisasi ini pasca reformasi 1998 mengalami kemunduran dan baru tahun 2013 menggelar kongres dan semoga kegiatan awal itu menjadikan organisasi kembali bangkit dan memberi konstribusi pemikiran dan ide bagi bangsa ini, tandasnya.

Rapat Kerja

Ketua HIPIIS Sulsel, Prof.Dr.M.Tahir Kasnawi, SU mengatakan, setelah pelantikan pengurus segera melakukan konsolidasi dengan membenahi sekretariat sambil mempersiapkan rapat kerja pengurus.

Konsolidasi organisasi segera dirampungkan untuk selanjutnya merealisasikan sejumlah kegiatan termasuk, penelitian dan pengkajian masalah sosial kemasyarakatan di Sulsel, menggelar forum pertemuan ilmiah, kerjasama pusat penelitian dan lembaga penelitian dan segera terbitkan jurnal ilmiah serta penerbitan buku hasil penelitian dan kajian ilmu-ilmu sosial, tandas mantan Dekan FISIP Unhas ini.

Jajaran pengurus yang dilantik di antaranya; Ketua; Darmawan Salman, Andi Alimuddin Unde, Syamsu Rijal, Ansar Arifin, Sulaiman Samad, Sulaiman Asang, Siti Bulqis, Amrah Kasim.

Sekretaris Umum, Muh Sabry. Wakil Sekretaris; Muh Ramli AT, Anwar Parawangi, Abd Mashar, Tasrifin Tahara, Sakaria. Bendahar dan wakil; Rabiana Yunus dan Gustiana Kambo.

Bidang Pendidikan; Muh Akbar, Mansyur Rajab, Maddatuang. Penelittian dan Pegabdian Masyarakat; Arlin Adam, Nurman Said, Suparman Abdullah. Organisasi Kelembagaan; H. Darwis, Ali Hanafie, A.Rasyid Masri. Informasi dan Dokmentasi; Rahmat Muhammad, Muh Farid, Muhammad Yahya Mustafa. Kajian Wanita; Hamsinah, Nuvrida, Ria Rianita Abbas.

Penulis : Muh Yahya Mustafa

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.