HIV: Jauhi Virusnya, Bukan Orangnya

oleh -387 views

IMG_20141030_183618-1-1Indotimnews.com– “Jangan dekat-dekat, nanti tertular!”, “Salaman? engga ah, takut ketularan”, “Hati-hati, dia AIDS loh”, “Eh, sendoknya jangan dipakai, itu bekas ODHA”, “Gunting rambutnya bersih ngga pak? Ntar tau-tau saya kena AIDS lagi”, Amankah menggunakan fasilitas umum yang baru saja digunakan oleh ODHA?

Jakarta, Beritakota Online-“Jangan dekat-dekat, nanti tertular!”, “Salaman? engga ah, takut ketularan”, “Hati-hati, dia AIDS loh”, “Eh, sendoknya jangan dipakai, itu bekas ODHA”, “Gunting rambutnya bersih ngga pak? Ntar tau-tau saya kena AIDS lagi”, Amankah menggunakan fasilitas umum yang baru saja digunakan oleh ODHA? Benarkah bisa bisa tertular HIV jika mengenakan baju bekas ODHA? Manakah dari pertanyaan atau pernyataan tersebut yang fakta? Apakah anda takut berdekatan dengan ODHA (Orang Dengan HIV & AIDS)? Kalau begitu, sebenarnya berapa banyak informasi yang anda ketahui tentang HIV & AIDS?

Belum banyak masyarakat awam menyadari pentingnya mengetahui informasi tentang HIV & AIDS padahal data Kemenkes RI menunjukkan bahwa hingga Maret 2014 terdapat 134.042 kasus inveksi HIV dan 54.231 kasus AIDS serta 9.615 jiwa yang dilaporkan meninggal akibat HIV & AIDS.

Kurangnya pemahaman akan media penularan dan perilaku apa saja yang beresiko menularkan virus HIV menyebabkan isu-isu penularan yang simpang siur tumbuh subur di masyarakat. Akibatnya? Orang Dengan HIV & AIDS (ODHA) yang harus menanggung akibatnya dengan menjadi korban dikriminasi masyarakat.

Adilkah bagi mereka jika isu-isu yang beredar itu salah? Pernahkah, sejenak saja, anda memikirkan apa yang mereka rasakan? Sudah cukup berat menanggung status HIV posistif, ditambah dengan penderitaan karena daya tahan tubuh yang rentan penyakit, masih harus diperlakukan seperti barang yang menjijikkan dan dijauhi di tengah masyarakat.

Plaza Semanggi bersama Yayasan AIDS Indonesia mengajak masyarakat untuk mengenal lebih jauh HIV & AIDS dalam acara One AIDS Day yang diadakan pada tanggal 31 Oktober 2014. Sesuai goal Zero Discrimination, informasi yang diberikan diharapkan dapat meluruskan isu-isu yang salah tentang HIV & AIDS di masyarakat sehingga masyarakat menjadi lebih terbuka terhadap ODHA sehingga diskriminasi terhadap ODHA di tengan masyarakat dapat berkurang.

Acara yang mengangkat tema kecil “HIV: Jauhi Virusnya, Bukan Orangnya” ini menitikberatkan pada talkshow interaktif guna memperkaya pengetahuan pengunjung Plaza Semanggi terhadap HIV & AIDS. Event yang terselenggara berkat support dari Bloop Endorse ini juga menghadirkan Rini Idol sebagai salah satu idola muda yang peduli terhadap diskriminasi ODHA. Rini tidak hanya tampil untuk menghibur pengunjung dengan suaranya yang indah namun juga akan ikut serta sebagai narasumber dalam talkshow tersebut.

Editor : Andi A Effendy

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.