Home / Indotimnews / HJ. Dede Caleg DPRD Malut, Bakal Perjuangkan Usaha Home Industri

HJ. Dede Caleg DPRD Malut, Bakal Perjuangkan Usaha Home Industri

TERNATE– Calon anggota DPRD
Provinsi Maluku Utara dari Partai Hanura, Hj. Dede Oka, bertekad akan memperjuangkan nasib pelaku usaha home industri jika nanti terpilih menjadi anggota legislatif dari daerah pemilihan (Dapil) Ternate – Halbar.

Diketahui, usaha home industri di Maluku Utara belakangan ini mengalami perkembangan pesat, namun karena kurangnya dukungan dari pemerintah, usaha-usaha rumahan tersebut belum bisa bersaing di tingkat nasional.

Hj. Dede Oka yang juga sebagai Ketua DPD Asosiasi Home Industri Indonesia (AHINDO) Provinsi Maluku Utara mengatakan, berbagai upaya sudah mulai dilakukan AHINDO untuk menggenjot penjualan usaha home industri, mulai dari menggelar bazar hingga membuka stand di lokasi Pasar Melayu yang di areal Benteng Orange Ternate, dengan menjual menu beragam makanan dan aneka jenis kue hasil produk usaha rumahan.

“Kegiatan ini tidak lain adalah untuk memfasilitasi para pelaku usaha kecil dan menengah agar bisa mengenalkan dan memasarkan hasil produknya. Selain itu kita juga dapat mensosialisasikan keberadaan AHINDO kepada para pengunjung stand, karena masih banyak masyarakat yang belum paham apa peran, fungsi dan manfaat AHINDO bagi para pelaku usaha,” kata Hj. Dede Oka.

Hj Dede Oka yang juga sebagai Ketua Ikatan Wanita Pembangunan Indonesia (IKAWAPI) Malut ini menambahkan, keikutsertaannya menjadi caleg DPRD Provinsi Malut tidak terlepas dari dukungan para pelaku usaha home industri. Sebab, anggota AHINDO yang berjumlah ratusan orang ini sangat menginginkan adanya dukungan penuh pemerintah dalam rangka mengembangkan usaha rumahan. Dan dukungan pemerintah itu akan terwujud jika ada pengurus AHINDO yang menjadi anggota DPRD.

“AHINDO adalah sebuah organisasi independen, tugasnya membina kepentingan pelaku usaha home industri Indonesia. Ada tiga peran AHINDO yaitu mendata, membina dan memasarkan produk home industri,” jelasnya.

Untuk hal pembinaan, DPD AHINDO Malut kata Hj. Dede Oka, terus memberikan penyuluhan guna meningkatkan kualitas produk, kualitas kemasan, memaksimalkan masa kadaluarsa, membantu proses perijinan, sertifikasi produk dan memberikan pelatihan kerja.

“Di Provinsi Maluku Utara sendiri sampai saat ini kami terus mendata dan mengidentifikasi pelaku usaha home industri, sambil menyusun komposisi pengurus untuk pembentukan DPC di
kabupaten dan kota,” ujar Hj. Dede Oka yang juga sebagai Ketua Pecinta Batik dan Tenunan Nusantara Malut ini.

Untuk itu, Hj. Dede Oka mengajak kepada semua pelaku UKM agar dapat bergabung menjadi anggota AHINDO baik untuk kota maupun kabupaten. Harapannya, dengan semakin banyak anggota AHINDO, maka peluang berkembangnya usaha-usaha ini akan terbuka lebar.

(LAPORAN SAFRIDA SFABANYO)

loading...