Hujan Deras & Laut Pasang, Wali Kota Makassar Instruksikan Tetap Siaga

oleh -215 views

Indotimnews — Usai mendapat laporan mengenai kondisi kanal penuh dan air laut juga pasang, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto, mengaku telah mengelilingi beberapa sudut Kota Makassar dari sore tadi. Genangan air itu terlihat di beberapa titik antara lain di sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan hingga Jalan Nusantara. Sebagian rumah sudah ada yang dimasuki air dengan ketinggian beberapa sentimeter.

Dan sehubungan derasnya guyuran hujan ditambah laut tengah pasang, untuk itu, Danny Pomanto mengeluarkan instruksi ke seluruh instansi jajarannya, utamanya kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), unsur Dinas PU, Camat dan Lurah, Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial.

“Saya minta semua jajaran terkait untuk segera mempersiapkan segala sesuatu dari kemungkinan terjadinya banjir dalam Kota Makassar. Seluruh kecamatan diminta segera membuka posko siaga banjir,” kata Danny, sapaan akrabnya, Senin (24/10).

Lanjutnya, sementara di Jalan Tamalate I petang tadi, air dari drainase meluap. Setelah dicek, ternyata terjadi sumbatan karena sampah sehingga air tidak mengalir dengan baik. Tim Satgas langsung diterjunkan untuk menyisihkan sampah-sampah tersebut.

Sementara dari hasil koordinasi dengan pihak BBMKG (Balai Besar Meterologi Klimatologi dan Geofisika) Wilayah IV Makassar, kata Danny, jika hujan masih turun dengan lebat hingga pukul 19.30 wita nanti maka banjir atau genangan air akan banyak meluber di sudut-sudut kota.

“Tapi alhamdulillah saat ini hujan mulai sedikit reda dari prediksi BBMKG yang sisa satu jam lagi jika hujan terus maka banjir bisa terjadi. Meski demikian, kewaspadaan tidak hanya sampai malam ini. Akan terus berlanjut sampai cuaca alam mulai membaik,” ujar Danny.

Dari instruksi siaga ini, kata Danny, diharapkan bisa memastikan kanal atau saluran air berfungsi dengan baik, semua pihak termasuk warga bisa mewaspadai, mengantisipasi korban jiwa dari musibah terjadinya korslet saat hujan dan terjadi genangan air dan memastikan semua sistem yang ada turun ke bawah melakukan langkah antisipasi.

Sementara itu, Kapala Sub Bidang Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah IV Makassar, Sujarwo mengungkap, Kota Makassar masuk dalam pemetaan daerah rawan banjir, termasuk di Kabupaten Maros, Pangkep, Wajo, Soppeng, dan wilayah Luwu Raya seperti Palopo yang baru saja banjir dua malam lalu, Luwu Timur, Luwu Utara dan Kabupaten Luwu,urainya.