Home / ADVERTORIAL / HUT Kabupaten Mamasa ke-16: Plt Bupati Akui Ada Kemajuan Dua Tahun Terakhir

HUT Kabupaten Mamasa ke-16: Plt Bupati Akui Ada Kemajuan Dua Tahun Terakhir

MAMASA– Peringatan HUT Kabupaten Mamasa ke-16 yang jatuh pada 11 Maret 2018, punya penilaian tersendiri bagi pelaksana tugas Bupati Kabupaten Mamasa, Bonggalangi.

Menurutnya, beberapa prestasi telah diraih Pemerintah Daerah dua tahun terakhir ini.

“HUT kali ini sangat tepat untuk mengevaluasi pembangunan yang sudah terlaksana dan yang belum dilaksanakan agar dapat menjadi prioritas pada rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) di tahun yang akan datang,” katanya mengawali sambutan saat memimpin upacara HUT Mamasa, Senin (12/3).

Ia menuturkan keberhasilan infrastruktur jalan dan jembatan sangat signifikan berpengaruh terhadap sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan dan perikanan serta industri rumah tangga.

“Posisi pertubuhan ekonomi kita pada tahun 2016 berada di angka 6,80 persen dimana tahun sebelumnya hanya berada pada angka 5,03, tahun 2013 dan 4,92 persen, ditahun 2014. Begitupun angka kemiskinan tahun 2015 sebesar 25,88 ribu jiwa atau 14,71 persen, menurunan ditahun 2016 sebesar 21,43 ribu atau 13,10 persen. Hal ini berarti terjadi penurunan angka kemiskinan sebesar 1,11 ribu jiwa atau 0,81 persen,” tuturnya.

Ia menjelaskan, tingkat kesejahteraan masyarakat ikut mengalami peningkatan hal tersebut ditandai dengan meningkatnya produk domestik regional bruto (PDRB) Mamasa serta naiknya pendapatan perkapita setiap tahun. “Awal tahun 2013 PDRB Mamasa hanya sekitar Rp 11,97 sedangkan di tahun 2016 meningkat menjadi Rp 15, 07 juta. Sehingga diperkirakan untuk tahun 2017 dan 2018 juga akan terjadi peningkatan,” jelasnya.

Ia menambahkan bukan hanya sektor ekonomi yang mengalami peningkatan, namun indeks pembangunan manusia (IPM) Mamasa juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2013 yang hanya berada di angka 62, 57 poin. IPM mengalami peningkatan di tahun 2016 menjadi sebesar 63, 51 poin.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat yang diwakili Asisten I, H. Nur Alam Tahir dalam sambutanya mengapresiasi pembangunan di Kabupaten Mamasa. “Sejak terbentuknya Kabupaten Mamasa atas kerja keras pemerintah daerah bersama masyarakat sudah mulai terlihat dan terasa kabupaten ini mengalami banyak perubahan,” katanya.

Ia menyampaikan harapannya agar kedepan Kabupaten Mamasa dapat menjadi kota wisata dan ikon pariwisata Sulbar yang patut dibanggakan.

Tak seperti biasanya, kali ini HUT Kabupaten Mamasa tidak dihadiri langsung oleh gubernur atau wakil gubernur seperti sebelum-sebelumnya

Laporan; Kristian Parangka

loading...