Ibu Ketua TP PKK Kota Makassar Berkunjung Ke Lapas Kelas I Makassar

oleh -15 views

Ibu Walikota Makassar, Indira Yusuf Ismail dan koran sindo kunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar, dalam rangka kunjungan kerja ketua tim penggerak Pkk kota makassar di Lapas Kelas I Makassar. Jum’at, (25/1/19).

Bersama rombongan, Ibu Walikota Makassar akan meninjau langsung proses pembuatan roti D’Laps Bakery sebagai salah satu produk unggulan Lapas Makassar yang berkonsep Lapas Industri. Sebelum melihat proses pembuatan roti Kepala Lapas Kelas I Makassar, Budi Sarwono, menyambut Ibu Walikota dan rombongan di ruang kerjanya bersama Jajaran Kepala Bidang Lapas Makassar. Dan Kepala rutan kelas I Makassar.

Terlihat Ibu Walikota Makassar, Indira menyicip roti dan donat yang dijamukan Lapas Makassar, roti tersebut merupakan produk D’Laps Bakery yang dihasilkan dari buah tangan WBP Lapas Makassar. Pada kesempatan ini Kalapas Makassar menyampaikan kepada Ibu Walikota bahwa roti yang diproduksi D’Laps Bakery tidak mengandung bahan pengawet sehingga baik untuk kesehatan.

“D’Laps Bakery atau Rotinya Lapas Makassar ini sama sekali tidak mengandung bahan pengawet bu, baik untuk kesehatan sehingga rotinya ini tidak bisa disimpan lama-lama, seratus persen dibuat oleh warga binaan bu, roti, donat, panada, hingga bakpao juga di produksi disini bu, alhamdulillah setiap harinya memproduksi 500 hingga 800 roti” ujar Kalapas kepada Ibu Walikota Makassar.

Tidak ingin dijelaskan dengan gambaran saja, Ibu Walikota Makassar belusukan ke pusat pembinaan pembuatan roti di D’Laps Bakery Lapas Makassar, ia melihat tahap demi tahap proses pembuatan roti dan donat D’Laps Bakery, mulai dari pencampuran bahan, proses pengolaahan, hingga pemasaran.

Selain itu, beliau juga memborong roti dan donat produksi D’Laps Bakery, ia mengatakan akan memperkenalkan roti-roti dari D’Laps Bakery tersebut ke anggotanya.Tidak hanya melihat proses pembuatan roti, ibu Walikota Makassar juga belusukan ke blok anak didik Pemasyarakatan Lapas Kelas I Makassar.

Pada kesempatan ini, beliau menyapa andik Pas dengan menanyakan kabar Andik Pas selama di Lapas “assalamualaikum nak, baik-baik jaki nak” kata Ibu Walikota Makassar. sembari menyapa beliau juga menasehati Andik Pas agar tidak melakukan kembali perbuatannya, mematuhi nasihat-nasihat petugas Lapas yang menjadi orang tuanya sekarang, tidak bosan mengikuti pendidikan yang dilakukan Lapas, serta tidak boleh putus sekolah setelah bebas nantinya.

Sebelum pulang Kepala Lapas Kelas I Makassar menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Ibu Walikota Makassar yang ingin melihat lansung salah satu proses pembinaan pembuatan roti D’Laps Bakery, serta Kalapas memberikan cenderamata berupa hasil buah tangan warga binaan Lapas Makassar.

Kalapas Makassar berharap dengan berkunjungnya Ibu Walikota Makassar ke Lapas Kelas I Makassar, diharapkan dapat merubah mindset masyarakat luas bahwa sistem pemasyarakatan tidak semuanya negatif, tetapi pembinaan yang ada di Lapas Makassar dapat merubah wbp menjadi pribadi yang baik serta wbp mendapatkan keterampilan sesuai dengan tujuan Pemasyarakatan. (**)