IMORTA kecam pelantikan Camat ber KTP Waropen Papua di Toraja Utara

oleh -192 views

Indotimnews– Pelantikan 19 camat yang dilakukan Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, terus menjadi pergunjingan publik. Pasalnya ada satu camat yang ikut dilantik, ternyata diragukan kependudukan di daerah tersebut.

Oleh Karena itu Ikatan Mahasiswa Olahrag Toraja (IMORTA), ikut menyesalkan kebijakan bupati Toraja Utara, melantik camat yang dianggapnya ber KTP Kabupaten Waropen, Papua yakni. Yaconius.

“Sehubungan polemik beberapa hari ini yang dimana selalu menghiasi media cetak/online di SulSel terkhusus Kab. Toraja Utara terkait pelantikan 19 Camat se Toraja Utara oleh Bapak Bupati Kalatiku Paembonan, membuat kami kevewa dan mengecam pelantikan salah satu camat yang ber KTP di luar daerah ini,” ucap Ketua IMORTA, Eko. W dalam rilisnya yang diterima media ini, Selasa (31/1/17).

Dijelaskan pihaknya mengindikasikan adanya intrik-intrik kepentingan pribadi serta diduga adanya unsur KKN (korupsi,kolusi,nepotisme) didalam proses tersebut yang melibatkan para oknum pejabat di daerah itu.

“Maka dari pada itu kami sebagai sosial kontrol dimasyarakat meminta kepada Bupati Bupati Kalatiku Paembonan sebagai orang yang bertanggung jawab pada pelantikan tersebut, yang terindikasikan sengaja melakukanpelanggaran dalam proses pengangkatan Yaconius sebagai Camat di kecamatan Rantepao Toraja Utara,” tambah Eko.

“Menurut informasi yang kami dapat bahwa Yaconius masih terdaftar sebagai PNS di Pemprov Papua dan diduga pemerintah telah mengabaikan Daftar Urutan Kepangkatan (DUK) PNS/ASN dalam pemkab Toraja Utara,” tegasnya.

Karena itu, IMORTA kembali menduga kuat d telah terjadi pelanggaran dalam proses pemberkasan yang bersangkutan.

Pemberkasan yang dimaksudkan Eko, mulai dari  proses adminitrasi di Waropen melalui Pemprov Papua sampai pada proses administrasi di Pemkab. Toraja Utara.

“Pertanyaannya kemudian dimana peran BAPERJAKAT (badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan) dalam hal ini diketua oleh Sekertaris Daerah Toraja Utara sekaligus sebagai pembina kepegawaian,” cetusnya.

Saat ini IMORTA pun menuntuk agar Yaconius dicopot sebagai Camat di Kecamatan Rantepao. Mendesak kepada Bapak Bupati Toraja Utara melakukan peninjauan kembali terhadap pengangkatan Yaconius., mendesak Bapak Gubernur Sul-Sel untuk menyikapi adanya dugaan pelanggaran UU Aparatur Sipil Negara No. 5 Tahun 2014.

Eko jug mengancam, apabila Pemkab Toraja Utara dan Pemprov Sulsel tak mengakomodir tuntutan mereka, Maka IMORTA akan melaporkan hal tersebut pada Komisi Aparatur Sipil Negara( KASN ).

Editor: Malik

loading...
loading...