Home / Indotimnews / Ini aksi buruh Pelabuhan Makassar tolak Revisi SKB 2 Dirjen, 1 Deputi dan Revisi KM 35 Thn 2007

Ini aksi buruh Pelabuhan Makassar tolak Revisi SKB 2 Dirjen, 1 Deputi dan Revisi KM 35 Thn 2007

Indotimnews– Ratusan Pekerja Pelabuhan berasal dari DPD Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (F.SPTI) dan Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) menggelar aksi unjukrasa bertema ” Aksi Damai Penolakan Revisi SKB dan KM 35/2007 ” di Jalan Nusantara di Kantor Koperasi TKBM, Gate II dan III Pelabuhan Kota Makassar dipimpin Basri Abbas, Ketua F.SPTI SUL-SEL) dan Saparuddin, SH Sekretaris . F. SPTI Sulsel. Senin (4/12/2017) Pagi.

Adapun aksi yang dilakukan diantaranya berorasi secara bergantian dan  membagikan selebaran, mengibarkan Bendera Merah Putih dan K-SPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) membentangkan spanduk bertuliskan “Jangan rebut Pekerja Kami, KRN kami Warga Negara Indonesia yang Berhak mendapatkan hidup layak sesuai Amanah UUD, ” TKBM ” Maju Terus Pantang Mundur .

“Tolak Revisi SKB 2 Dirjen, 1 Deputi, “Tolak Revisi KM 35 Thn 2007,” teriak para buruh tersebut

Para pemgunjukrasa dalam membacakan pernyataan sikapnya menolak rencana Kementrian Perhubungan RI untuk merubah SKB 2 Dirjen 1 Deputi tahun 2011 tentang pembinaan dan penataan koperasi TKBM di pelabuhan, dan tetap mempertahankan eksistensi koperasi TKBM di Indonesia.

“Kami menolak rencana Kementrian Perhubungan RI untuk merubah keputusan Menteri Perhubungan No. KM 35 Thn 2007 dan tentang pedoman perhitungan tarif pelayanan jasa bongkar Muat dari dan ke Kapal di Pelabuhan. Apabila aspirasi kami ini tidak direalisasi, atau Pemerintah dalam hal ini Kementrian Perhubungan RI tetap merevisi kedua poin, Maka kami akan melakukan aksi mogok kerja Nasional selanjutnya yang lebih besar lagi,”tandas Basri.

Selanjutnya para pengunjukrasa dari Federasi Serikat Perkerja Maritim Indonesia (SPMI) dipimpin Rudi Kadiamang, Ketua SPMI, bergabung bersama dgn SPSI berorasi bersama, dalam tuntutannya menolak Rencana Diterbitkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perhubungan RI. Menteri Ketenagakerjaan RI dan Menteri Koperasi dan UKM RI tentang Penyelenggaraan TKBM di Pelabuhan Makassar.

Para pengunjuk rasa diterima aspirasinya oleh Rahmatullah, Dirjen Perhubungan Laut, didampingi GM Pelindo, Haris Tunru, dalam janjinya pihaknya akan salurkan aspirasi secepatnya dan janji akan tindak lanjuti tuntutan ini. (Wisnu)

loading...