Ini Batu Permata Tourmaline Dengan Pancaran Warna

oleh -428 views

images(10)Indotimnews.com– Tourmalines datang dalam berbagai warna menarik . Bahkan , turmalin memiliki salah satu rentang warna terluas dari setiap spesies permata , yang terjadi dalam berbagai nuansa hampir setiap rona .

Banyak varietas warna turmalin telah mengilhami nama dagang mereka sendiri : Rubellite adalah nama untuk merah muda, merah , merah keunguan , orangy merah, atau merah kecoklatan turmalin , meskipun beberapa di perdagangan berpendapat bahwa istilah tidak harus berlaku untuk turmalin merah muda .

Indicolite gelap violetish biru , biru, atau biru kehijauan turmalin . Paraíba adalah biru intens violetish , biru kehijauan , atau biru turmalin dari negara bagian Paraiba , Brasil .

Tourmaline (Paraiba) rough material Krom turmalin hijau intens. Terlepas dari namanya , itu sebagian besar diwarnai oleh vanadium , unsur yang sama bahwa warna banyak zamrud Brasil dan Afrika .

Turmalin Parti berwarna menampilkan lebih dari satu warna .

Salah satu kombinasi yang paling umum adalah hijau dan pink, tetapi banyak orang lain yang mungkin .

Turmalin semangka merah muda di pusat dan hijau di sekitar luar . Kristal bahan ini biasanya iris untuk menampilkan pengaturan khusus ini .

Warna yang ditampilkan oleh permata kristal dan kuno khas turmalin dengan nama dagang dari Rubellite . – Courtesy William F. Larson , Pala Internasional Tembaga adalah unsur yang memberikan kontribusi untuk warna ini Paraíba turmalin yang sangat berharga .

Ini menarik sedikit kecoklatan , turmalin kuning orangy adalah dari daerah Merelani Tanzania .

Beberapa kristal turmalin menampilkan zona warna yang berbeda dalam kristal tunggal. – Jeff Scovil Beberapa tourmalines juga menunjukkan efek cat’s – mata yang disebut chatoyancy .

Tourmalines Cat’s – mata yang paling sering hijau, biru , atau pink , dengan mata yang lebih lembut dan lebih tersebar daripada mata di denda cat’s – mata chrysoberyl .

Hal ini karena , dalam turmalin , efek ini disebabkan oleh berbagai tipis , seperti tabung inklusi yang terbentuk secara alami selama pertumbuhan permata itu .

Inklusi lebih besar dari inklusi cat’s – mata chrysoberyl , sehingga chatoyancy ini tidak setajam .

Seperti lainnya cat’s – mata , batu-batu ini harus dipotong sebagai cabochons untuk membawa keluar efek.

Komposisi kimia Sebuah turmalin secara langsung mempengaruhi sifat fisik dan bertanggung jawab untuk warna . Tourmalines membuat sebuah kelompok spesies mineral erat terkait yang berbagi struktur kristal yang sama tetapi memiliki kimia yang berbeda dan sifat fisik . Mereka berbagi unsur silikon , aluminium, dan boron , namun mengandung campuran kompleks unsur-unsur lain seperti natrium , lithium , kalsium, magnesium , mangan , besi , kromium , vanadium , fluorin , dan kadang-kadang tembaga .

Gemologists menggunakan properti yang turmalin dan komposisi kimia untuk menentukan spesiesnya .

Spesies turmalin utama elbaite , liddicoatite , dravite , uvite , dan schorl . Kebanyakan tourmalines permata adalah elbaites , yang kaya natrium , lithium, aluminium, dan kadang-kadang tapi sangat jarang – tembaga .

Mereka terjadi di granit yang mengandung pegmatites , yang batuan beku langka. Pegmatites kadang-kadang kaya elemen eksotis yang penting untuk pembentukan mineral permata tertentu.

Pegmatites mungkin berisi kristal yang sangat besar hingga 1 meter ( sekitar 3 meter ) panjangnya .

Karena sifat dari pegmatites , kantong permata yang berbeda dalam satu tubuh pegmatite dapat menyimpan kristal turmalin warna yang sangat berbeda . Atau satu saku dapat menghasilkan berbagai tourmalines berbeda warna . Akibatnya , banyak tambang menghasilkan berbagai warna permata .

Fitur lain dari pegmatites permata adalah distribusi tersebar kantong dalam diri mereka . Untuk penambang , bekerja pegmatite yang sebagian besar terdiri dari menggali batu tandus sampai hasil kerja dalam hadiah sesekali dan tiba-tiba kantong kaya penuh kristal permata spektakuler.

Elbaites menawarkan jangkauan terluas warna turmalin permata berkualitas . Mereka bisa hijau, biru , atau kuning , pink ke merah , tidak berwarna , atau dikategorikan dengan kombinasi warna . Liddicoatite kaya akan kalsium , lithium , dan aluminium .

Hal ini juga berasal dari granit yang mengandung pegmatites dan menawarkan beragam warna , sering dikategorikan dalam pola yang kompleks internal. Ini dinamai almarhum Richard T. Liddicoat , mantan presiden GIA dan mantan ketua Dewan Gubernur .

Dia sering disebut sebagai “Bapak Gemologi Modern. ” Uvite kaya akan kalsium , magnesium , dan aluminium . Dravite kaya sodium, magnesium , dan aluminium . Kedua bentuk dalam batu kapur yang telah diubah oleh panas dan tekanan , sehingga marmer yang mengandung mineral aksesori seperti turmalin . Beberapa tourmalines permata yang paling penting adalah campuran dari dravite dan uvite . Mereka sering coklat , coklat kekuningan , cokelat kemerahan , atau hampir hitam dalam warna , tapi kadang-kadang mereka mengandung jejak vanadium , kromium , atau keduanya .

Ketika hadir dalam konsentrasi yang tepat , kotoran ini menghasilkan warna hijau yang kaya yang menyaingi garnet Tsavorite dan , kadang-kadang, bahkan zamrud .

Dealer menjual permata ini sebagai krom turmalin , meskipun mereka tidak selalu diwarnai oleh kromium .

Permata kuning cerah beberapa dealer sebut ” savannah ” tourmalines juga campuran dravite dan uvite . Unsur mewarnai mereka adalah besi . 2 Schorl biasanya hitam, dan kaya akan zat besi . Terbentuk dalam berbagai jenis batuan . Ini jarang digunakan sebagai permata , meskipun telah ditampilkan dalam berkabung perhiasan .

Warna Tourmaline yang memiliki berbagai penyebab . Ini umumnya sepakat bahwa jejak zat besi , dan mungkin titanium , menyebabkan warna hijau dan biru . Mangan menghasilkan merah dan merah muda , dan mungkin kuning . Beberapa elbaites pink dan kuning mungkin berutang warna mereka ke pusat-pusat warna yang disebabkan oleh radiasi , yang dapat alami atau laboratorium – diinduksi . https://permatamartapura9.wordpress.com/

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.