Ini Penjelasan KBO Satlantas Polres Gowa, Terkait Pellangar Sistem Satu Arah

oleh -64 views

Gowa – Sistem Satu Arah (SSA) yang diberlakukan Pemkab Gowa bagi pengguna jalan sejak awal 2020 lalu mulai maksimal dipatuhi oleh masyarakat. indikatornya, pelanggaran setiap hari semakin berkurang.

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Gowa, Iptu Dayu Ari mengungkapkan, selama diberlakukannya tindakan tegas tilang ditempat kepada pengendara sejak Juli 2020 lalu, kesadaran masyarakat untuk disiplin meningkat.

“Dari hasil evaluasi kami lihat ada perubahan. Pengguna jalan semakin memahami aturan yang telah diterapkan Pemkab, semakin hari tingkat pelanggaran itu semakin berkurang,”Katanya Ipda Dayu Ari yang ditemui, Kamis (15/10/2020) siang.

Perwira dua balok ini menerangkan, ada delapan titik atau jalan yang menjadi pengawasan anggota satuan lalulintas (Satlantas) melakukan penindakan tegas kepada pengguna jalan yang kedapatan melanggar.

Disetiap jalan kata dia dijaga oleh dua orang anggota satlantas pada jam-jam tertentu seperti pagi dan sore hari.

“Setiap jalan yang diterapkan sistem satu arah itu ada dua anggota kita tempatkan. Jadi kalau ada masyarakat yang melintas kedapatan melanggar langsung kita tilang,” jelasnya pula.

Dayu Ari mengungkapkan salah satu indikator meningkatnya kesadaran atau kepatuhan masyarakat dengan diberlakukannya sitem satu arah dilihat dari jumlah pelanggaran yang setiap hari menurun.

“Dari data kami, dari beberapa bulan terakhir hingga saat ini, pelanggaran yang kita temui itu hanya satu sampai dua orang saja setiap harinya. Beda pada saat awal kita tertibkan jumlah pelanggaran yang kita dapati itu sampai puluhan,”bebernya.

Sementara itu kasat Lantas Polres Gowa, AKP Mustari berharap agar masyarakat dapat mematuhi aturan sistem satu arah ini demi kepentingan bersama.

“Tujuan sistem satu arah ini tentunya untuk terciptanya kenyamanan dan keselamatan bersama dalam berkendara. Jadi kami harap masyarakat dapat disiplin mematuhi rambu-rambu yang ada, jangan karena ada petugas yang berjaga dilapangan baru tertib, tetapi kesadaran dapat timbul dari diri sendiri,”harap Mustari.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa Firdaus Menambahkan, Sesuai peraturan Bupati no 6 tahun 2020 penerepan sistem satu arah tersebut diantaranya meliputi, Jalan Andi Mallombassang satu arah mulai dari depan SMAN 1 Gowa sampai di Jembatan Kembar.

Kemudian Jalan Andi Tonro satu arah mulai dari Patung Massa sampai ke belakang kantor Pengadilan Negeri lanjut sampai Jembatan Kembar.

Jalan Hoscokroaminoto satu arah mulai dari Jembatan Kembar sampai ke Bundaran Bank BPD (Jalan KH Wahid Hasyim – Jalan Habibu Kulle).

Selanjutnya Jalan Habibu Kulle satu arah mulai Bundara Bank BPD sampai ke perempatan Jalan Sirajuddin Rani-Jalan Andi Mallombassang.

Jalan KH Wahid Hasyim satu arah mulai pos PKJR 700 sampai ke depan SMAN 1 Gowa. Dan Perempatan Jalan Masjid Raya/Jalan Pendidikan satu arah mulai perempatan/pos polisi sampai Pa’bangngiang.

“SSA ini setiap hari Senin hingga Jumat berlaku mulai jam enam pagi hingga jam enam sore. Jadi malam harinya bisa dilalui dua arah. Sementara untuk Sabtu dan Minggu free SSA atau tetap dua arah,” Ucap Kadis Perhubungan Kabupaten Gowa, Firdaus. (Fan)

loading...
loading...