Ini tuntutan aksi Hari Anti Korupsi Aliansi BEM, HMJ STIKIP Yaspi Makassar

oleh -243 views

Indotimnews– Jumat (9/12), Badan Eksekutif dan HMJ STIKIP Yaspi Makassar, akan meramaikan Hari AntiKorupsi se Dunia dengan cara melakukan aksi unjuk rasa.

Ketua BEM Yaspi, Bayu Pranata dalam rilisnya menjelaskan, aksi yang akan digelar hari ini bersamaan aksi para penggiat anti korupsi menilai dalam kehidupan demokrasi di Indonesia, praktek korupsi makin mudah ditemukan diberbagai bidang kehidupan. Pertama, karena melemahnya nilai-nilai sosial, kepentingan pribadi menjadi pilihan lebih utama dibandingkan kepentingan umum, serta kepemilikan benda secara individual menjadi etika pribadi yang melandasi perilaku sosial sebagian besar orang. Kedua.

“Hingga hari ini penanganan kasus hukum terkait korupsi seakan tidak ada transparansi dan tanggung gugat sistem integritas public. Biro pelayanan publik justru digunakan oleh pejabat publik untuk mengejar ambisi politik pribadi, semata-mata demi promosi jabatan dan kenaikan pangkat. Sementara kualitas dan kuantitas pelayanan publik, bukan prioritas dan orientasi yang utama. Dan dua alasan ini menyeruak di Indonesia, pelayanan publik tidak pernah termaksimalisasikan karena praktik korupsi dan demokratisasi justru memfasilitasi korupsi,” jelasnya.

Iapun mengangap, Korupsi dan Ketidakpastian Pembangunan Ekonomi . Korupsi selalu mengakibatkan situasi pembangunan ekonomi tidak pasti. Ketidakpastian ini tidak menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi dan bisnis yang sehat. Sektor swasta sulit memprediksi peluang bisnis dalam perekonomian, dan untuk memperoleh keuntungan maka mereka mau tidak mau terlibat dalam konspirasi besar korupsi tersebut. High cost economy harus dihadapi oleh para pebisnis, sehingga para investor enggan masuk menanamkan modalnya disektor riil di Indonesia, kalaupun investor tertarik mereka prepare menanamkan modalnya di sektor financial di pasar uang.

Selain menghambat pertumbuhan ekonomi, korupsi juga menghambat pengembangan sistem pemerintahan demokratis. Korupsi memupuk tradisi perbuatan yang menguntungkan diri sendiri atau kelompok, yang mengesampingkan kepentingan publik. Dengan begitu korupsi menutup rapat-rapat kesempatan rakyat lemah untuk menikmati pembangunan ekonomi, dan kualitas hidup yang lebih baik. Pendekatan yang paling ampuh dalam melawan korupsi di Indonesia.

Maka kami DARI ALIANSI BEM,HMJ STIKIP YASPI Makassar sepakat untuk menuntut:
1. PEMBERANTASAN KORUPSI DI TINGKAT NASIONAL DAN DAERAH
2. SANKSI PENGASINGAN DAN PEMISKINAN BAGI KORUPTOR
3. PENGHAPUSAN REMISI BAGI PARA KORUPTOR
4. SUMPAH JANJI ANGGOTA DEWAN UNTUK TIDAK MELAKUKAN KORUPSI
5. TUNTASKAN KASUS HAMBALANG DA BANK SENTURI
6.BUBARKANMKPKMAPABILAMTIDAKMMAMPUMUNTUKMMENGATASIMKASUSMKORUPSI.

Laporan: Dany F Malik

loading...
loading...