JaTI: Usut Tuntas Proyek Pengaspalan Jalan Sirkuit Balap Motor di Polman

oleh -266 views

IMG_20141229_195456Makassar– Proyek pengaspalan jalan Sirkuit balap motor di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulbar yang menelan anggaran Rp1,9 Miliar, dinilai miris oleh Jaringan Muda Aktifis Indonesia (JaTI).

Menurut A’an Farhan dalam relesanya yang diterima meminta sebaiknya aparat hukum, khususnya pihak kejakaan agar segera mengambil langkah hukum terhadap proyek yang menelan anggaran APBD Tahun Anggaran (TA) 2014 tersebut.

“Kami menilai adanya ketimpangan besar terhadap proyek ini. Masalahnya lokasi pengaspalan merupakan wilayah yang sudah ditetapkan sebagai hutan kota sejak 25 Oktober 2010,” jelas A’an Farhat.

Ia menjelaskan, area pengaspalan jalan sirkui yang ditetapkan sebagai lokasi hutan kota untuk memperbaiki dan menjaga iklim mikro dan nilai estetika. Ketika lokasi ini disulap tentunya, sudah tak sesuai fungsi lahan sebenarnya.

“Jangan sampai proyek ini mengandung nilai ketimpangan sehingga fungsi hutan kota dijadikan area proyek jalan sirkuit,” tambah aktivis JaTI.

Hutan kota menurut A’an Farhat, merupakan penciptaan keseimbangan dan keserasian lingkungan fisik kota dan mendukung pelestarian keaneka ragaman hayati, bukan dijadikan proyek sirkuit balap motor, seperti yang ada saat ini.

“Ini memang sangat ironis. Proyek yang hanya menghabiskan uang negara yang tak menyentuh langsung pada kelangsungan hidup masyarakat,” cetusnya.

Ditegaskanny, bahwa status lahan tak sesuai peruntukandan sudah masuk keranah hukum dan penegak hukum tidak tutup mata.(Zul)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.