Jika hendak berkurban hindari beli hewan tak punya keterangan sehat

oleh -234 views

images(2)Makassar– Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Makassar, Rahman Bando, mengimbau warga Makassar yang hendak berqurban agar memperhatikan kesehatan hewan yang akan disembelih seperti sapi dan kambing.

Hal tersebut dikemukakan Rahman Bando, saat sosialisasi pemeriksaan kesehatan dan pedoman penyembelihan hewan qurban yang halal dan higienis menjelang hari raya Idul Adha 2015 , di Gedung PKK Jl. Anggrek Raya, Sabtu 29 Agustus 2015.

Menurutnya, hewan yang dinyatakan sehat adalah yang telah melalui proses pemeriksaan kesehatan oleh Dokter hewan atau paramedis kesehatan hewan yang telah ditunjuk oleh DKP3.

Setelah diperiksa dan dinyatakan sehat, dibuktikan dengan pemberian stiker pada tubuh hewan tersebut, dilengkapi dengan surat keterangan pemeriksaan kesehatan yang menyatakan hewan tersebut tidak mengandung penyakit dan layak dijadikan hewan qurban.

“Ditandai dengan pemberian stiker yang ditempel ditubuh hewan dan setiap hewan memiliki surat keterangan sehat, suratnya dikeluarkan oleh DKP3,” jelasnya.

Rahman menambahkan, pihaknya akan menurunkan tim yang terdiri dari Dokter Hewan melakukan pemeriksaan di seluruh tempat penjualan hewan qurban yang terdata di kota Makassar tanpa memungut biaya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Kantor Ketahanan Pangan ini menghimbau pedagang ternak untuk tidak menjual di jalan protokol. “Kita juga meminta mereka untuk menjaga kebersihan lokasi dagangan mereka,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Peternakan DKP3, Andi Herliyani, mengungkapkan, jika ada warga atau pedagang yang tidak mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan hewan qurban, maka dapat segera berkoordinasi dengan DKP3.

“Agar kami bisa turunkan tim, melakukan pemeriksaan kepada hewan tersebut, semuanya gratis,” katanya.

Hewan qurban yang tidak memiliki garansi kesehatan dari DKP3 dikhawatirkan tidak layak konsumsi dan tidak layak qurban.

“Pemeriksaan tidak hanya meliputi syarat sehat tetapi juga menjamin syarat qurban sesuai yang disyaratkan oleh agama, seperti cukup umur, tidak cacat, tidak kurus, jantan dan tidak dikebiri,” jelasnya.

Selanjutnya, Herly berharap panitia hewan qurban yang telah mendapatkan pembekalan dari sosialisasi yang dilakukan DKP3 melanjutkan informasi ke tengah masyarakat, terkait kriteria hewan qurban yang sesuai ketentuan dan tata cara penyembelihan halal. (agus/mad)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.