JOIN Sulsel: Inilah yang perlu dizerokan Ditlantas Polda Sulsel

oleh -196 views
Deklarasi zona bebas pungli dan KKN Polda Sulsel (Dok)
Deklarasi zona bebas pungli dan KKN Polda Sulsel (Dok)

Makassar– Berbagai bentuk desakan pelayanan zero terkait penerapan aturan yang diberlakukan sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) No.5 Tahun 2012, terkait pelayanan Registrasi Identifikasi kendaraan bermotor  (Regident ranmor)  baru Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulsel terus didengungkan sejumlah aktivis.

Khususnya, Direktur Jaringan Oposisi Indonesia (JOIN) Sulsel, Mansur Asis, bahwa desakan zero publik di Sulsel ini merupakan sebagai bentuk tuntutan ke Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Anton Charliyan, yang sudah membahanakan pelayanan tanpa pungli dan KKN, dengan mendeklarasikannya di Polda Sulsel beberapa waktu lalu.

“Pasca pengambil alihan fungsi regident di tiga kantor samsat yang ada dengan dalih penerapan aturan tersebut, kita wajib mengubgatkan aparat kepolisian kita dalam melayani masyarakat untuk tidak mencoba bermain-main dengan pola pungutan yang sudah ditetapkan dalam Pendapatan Negra Bukan Pajak (PNBP) yang disetor ke kas negara,” papar Mansyur, Senin (6/6).

Saat ditanya poin pelayanan di Ditlantas Polda yang wajib dizerokan, Direktur JOIN Sulsel memaparkan titik indikasi pungli yang akan mencoreng citra pelayanan kepolisian.

Ini indikasinya:

  1. Biaya kroscek lapor tiba (mutasi masuk)
  2. biaya CBU ranmor bill up.
  3. Biaya izin ranmor operasional dari luar kode daerah sulsel pertiga bulan.
  4. Biaya Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK).
  5. Bisnis barkot Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).
  6. Cek fisik ranmor.
  7.  Administrasi mutasi ranmor keluar/pindah.
  8.  Biaya permintaan nopol pilihan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB

Yang jelas lanjut Direktur JOIN Sulsel, jangan menjadikan penegakan aturan yang ada untuk kepentingan yang bisa membawa masyarakat pemilik ranmor baru, terjerat denga berbagai biaya yang tak mempunyai payung hukum.

Editor: Zul

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.