Kader PAN Diharap Nonton Film Sejarah HOS Tjokroaminoto

oleh -214 views

IMG_20150503_122111Indotimnews.com– Muhammad Abduh Bakry Pabe, Wakil Sekretaris DPW PAN Sulsel yang juga Bakal Calon Ketua DPW PAN Sulsel meminta semua Kader PAN untuk menonton film Sejarah Guru Bangsa HOS Tjokroaminoto.

Menurut Abduh bahwa film ini sangat layak di nonton oleh semua, khususnya kader PAN. Sejarah tidak boleh kita tinggalkan karena kondisi hari ini adalah bagian dari sejarah masa lalu, kita mesti bijaksana dalam melihat realitas masa lalu agar mampu menuju masa depan partai yang lebih baik. Karena sejarah adalah referensi yang paling terpercaya.

Film drama biografi Indonesia berjudul “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” ini adalah film biopik dari salah satu tokoh sejarah Indonesia yaitu seorang guru bangsa Indoensia bernama HOS Tjokroaminoto. Pada waktu setelah terlepas dari masa tanam paksa akhir tahun 1800, Hindia Belanda ( Indonesia ) pun memasuki babak baru yang memliki pengaruh terhadap masyarakatnya. Namun kemiskinan masih banyak ditemukan, banyak rakyat-rakyat yang masih belum mengenyam pendidikan dan kesenjangan social antar etnis dan kasta masih terlihat jelas.

Seorang Guru bangsa Indonesia bernama HOS Tjokroaminoto yang terlahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang sangat kuat, melihat keadaan ini dan tidak hanya berdiam diri. Meskipun dalam keluarga dan lingkungan keturunan ningrat yang hidup dengan nyaman, beliau berani mengambil keputusan dengan meninggalkan status kebangsawannya dan memulai kerja sebagai kuli pelabuhan dan ikut merasakan penderitaan rakyat-rakyat jelata. Beliau pun menjadi pendiri dari Sarekat Dagang Islam ( SDI ) dan beliau juga menjadi guru bagi beberapa pemuda yang kelak menjadi tokoh-tokoh besar di Indonesia.

Editor : Andi A Effendy

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.