Kakanwil Kemenag : Inti dari Reformasi Birokrasi adalah perbaikan Maindset

oleh -23 views

MAKASSAR– Puluhan Pejabat dan ASN Di Lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sulsel berkumpul di Aula Kanwil lantai 2 (Kamis, 7 Februari 2019) untuk mengikuti Rapat Program Kerja Tim Reformasi Birokrasi Kanwil Kemenag Sulsel yang dipimpin langsung oleh Kakanwil H. Anwar Abubakar dan didampingi oleh Para Kepala Bidang dan Pembimas.

Raker ini digelar Dalam rangka mengupayakan akselerasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulsel serta merespon Keputusan Menteri Agama RI Nomor : 536 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkup Kemenag, maka Kakanwil membentuk Tim khusus Di tingkat Kanwil Kemenag Sulsel.

“Tim yang sudah ditetapkan dalam Surat Keputusan Kakanwil bertugas untuk memberikan arahan dalam menyusun Road Map Reformasi Birokrasi, kemudian memonitor dan mengevaluasi serta memastikan pelaksanaannya secara konsisten sehingga bisa memberikan dampak positif di masyarakat, “Jelas Kakanwil.

Tdk lepas dari berbagai aspek, diantaranya personil ASN, Organisasinya, serta sistem atau mekanisme kerjanya khususnya terkait manajemen dan pelayanan. Apalagi sudah banyak regulasi yang mendukung dan mendorong reformasi birokrasi.

“Solusinya adalah bagaimana merubah maindset Oknum ASN yang dari melakukan yang biasanya, menjadi melaksanakan yang seharusnya, intinya adalah kesadaran pribadi dan bertindak sesuai aturan. Bila ini sudah selesai maka perangkat atau sistem / mekanisme kerja lainnya akan menjadi mudah,” tambahnya.

Lanjut Anwar, yang lain misalnya dari sisi penataan Organisasi dengan melakukan efesiensi dan efektifitas dari sisi struktural dan personil, penataan Hukum dan Perundangundangan baik dari aspek sosialisasi maupun penerapannya.

“Termasuk hal yang sepele seperti bagaimana menjalankan mekanisme komunikasi, koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan konsultasi, serta menjalankan etika birokrasi dan organisasi,” paparnya.

Diakhir sambutannya, Kakanwil berharap organisasi Kemenag di Sulsel ini bisa menyatu dan saling menguatkan, utamanya dalam mewujudkan prestasi kerja dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan umat yang bertanggungjawab, pintanya. (Wrd)