Home / Indotimnews / Kakanwil Kemenag Sulsel: Mendeteksi Konflik Sosial Adalah Tanggungjawab Bersama

Kakanwil Kemenag Sulsel: Mendeteksi Konflik Sosial Adalah Tanggungjawab Bersama

SIDRAP– Sudah merupakan tanggung jawab kita semua agar gejala terjadinya konflik sosial ditengah masyarakat secara dini dapat terdeteksi lebih awal.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan, H. Anwar Abubakar dihadapan puluhan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat hingga pemuda dan pemudi yang hadir pada gelaran Dialog Lintas Agama, yang diselenggarakan Subag Hukum dan Kerukunan Umat Beragama (KUB), senin (5/11/18) di Aula kantor Kemenag Kabupaten Sidrap

“Apresiasi tinggi kami berikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan seperti ini untuk ikut serta berperan aktif menjaga dan melestarikan kerukunan umat beragama yang sudah sangat kondusif khususnya di sulawesi selatan ini”, ucapnya.

Kakanwil menambahka bagwa pada Hakikatnya setiap agama mengajarkan kedamaian, hakikat beragama menebarkan kedamaian dan menebarkan kasih sayang kapanpun, dimanapun dan kepada siapapun.

“Nilai-nilai agama harus ditempatkan fungsinya menjaga, merawat, menjalin dan merajut kemajemukan”, ungkapnya.

Sisi negatif bermedia sosial pun tak luput menjadi salah satu point penting penyampaian kakanwil pada acara dialog tersebut, pencegahan dini terjadinya konflik ditengah-tengah masyarakat.

“Bijaklah terhadap media sosial melihat tingginya keberagaman yang dimiliki Indonesia, yang juga merupakan salah satu titik rawan akan sulitnya mengendalikan gesekan konflik masyarakat di media sosial. Didalamnya terdapat ujaran kebencian dan juga hoax, yang tidak sedikit kadang sengaja membuat situasi menjadi tidak kondusif.”

Pada kesempatan tersebut Kakanwil Kemenag Sulsel, H. Anwar Abubakar, didampingi Kepala Bidang Urusan Agama Islam, H. Iskandar Fellang, dan Kasubag Hukum dan KUB Kemenag Sulsel H. Amrullah kembali menyerahkan penghargaan “Harmony Award” kepada Tokoh maupun Institusi yang berperan aktif menjaga dan melestarikan Kerukunan Umat Beragama yang sudah sangat kondusif di sulawesi selatan, khususnya di Kabupaten Sidrap.

loading...