Kakanwil Kemenag Sulsel: Saatnya Kemandirian dan Spesifikasi Unggulan Pondok Pesantren Dibangun

oleh -407 views

MAKASSAR– Bertujuan untuk memantapkan visi dan misi Kementerian Agama dalam pembinaan Lembaga Keagamaan melalui Pondok Pesantren di Sulsel, dan untuk Menyiapkan Perangkat Program Kerja yang strategis dalam merespon tuntutan perkembangan zaman serta untuk mewujudkan rasa kepedulian , semangat dan keinginan yang kuat untuk melakukan pembinaan lembaga keagamaan secara intenaif dan memadai, maka Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Provinsi Sulsel menggelar Rapat Kerja untuk tahun 2018.

Rapat kerja Bidang PD. Pontren (Pondok Pesantren), Kemenag Sulsel yang dilaksanakan di Hotel Golden Tulip Makassar selama 3 (tiga) hari yakni 10 – 12 Maret 2018 ini menghadirkan 80 orang peserta yang terdiri dari Para Kepala Seksi PD.

“Pontren baik di lingkup Kanwil maupun di jajaran Kemenag se Sulsel dan Pimpinan Lembaga Keagamaan dan Pondok Pesantren di Sulsel,” jelas H. Fathurrahman Selaku Kepala Bidang.

Dalam Arahannya saat Pembukaan Sabtu, (10/3/18), Kakanwil Kemenag Sulsel Dr. H. Abd. Wahid Thahir, M.Ag, mengapresiasi Bidang PD. Pontren yang menjadi Bidang Pertama di lingkup Kanwil melaksanakan Rapat Kerja tahun ini.

Ia mengharapkan, agar Pondok Pesantren tetap mempertahankan tradisi Akademik Tafaqquh Fiddin dalam kerangka menjadikan Ponpes sebagai Laboratorium Ulama dan pusat pengkajian ilmu ilmu ke Islaman khususnya penguasaan dan Pengkajian Kitab Kitab Klasik dan Khasanah Keislaman, serta penjaga nilai nilai kearifan dan tradisi keislaman.

“Mengingat saat ini Sulsel sudah mengalami Krisis Ulama karena sudah banyak yang Dipanggil Oleh Yang Maha Kuasa,”ungkap Wahis Thahir.

Selain itu, Mantan Kabid PD. Pontren Sulsel ini juga menyoroti pentingnya Kemandirian dan Keunggulan Spesifik Pondok Pesantren, mengingat Tajamnya kompetisi di era kekinian dan kedepan yang dibutuhkan adalah keahlian yang spesifik serta kompetensi khusus.

“Olehnya itu, Pimpinan lembaga keagamaan dan pondok pesantren harus jeli melihat kondisi ini, jangan terlena, saatnya kita mempersiapkan dan menelorkan generasi yang paripurna yang siap berkompetisi untuk urusan dunia dan berkompetensi untuk kepentingan akhiratnya,” harapnya.

Di Raker PD. Pontren tahun ini akan fokus pada pembahasan kebijakan strategis pengembangan, program unggulan, dan pemetaan program, prospek dan tantangan pondok pesantren di Sulsel, olehnya itu Panitia secara khusus akan menghadirkan Nara Sumber kredibel diantaranya Direktur PD. Pontren dan Kabag Perencanaan Pendidikan Islam Kemenag RI. (Wrd)

loading...
loading...