Home / Indotimnews / Kanwil Kemenag Sulsel Gelar Maulid, Ada Lomba Bakul Maulidnya

Kanwil Kemenag Sulsel Gelar Maulid, Ada Lomba Bakul Maulidnya

Indotimnews– Pemandangan di Lapangan Upacara Kanwil Kemenag Sulsel hari ini (Rabu, 6 Juli 2017) hari ini tampak lain, karena sejak pagi hari sudah mulai sudah berhiaskan Kaddo Minyak peganan tradisional khas Bugis Makassar yang hanya muncul pada setiap acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Memang pada hari ini, Kanwil Kemenag Sulsel beserta jajarannya mengadakan Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, dan acara yang kepanitiaannya dikomandani oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Makassar (MTsN Model Makassar) ibu Darmawati Tahir Karim dengan mengangkat tema “Dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita tingjatkan Keshalehan Sosial dalam kebersamaan dan persaudaraan membangun Sulawesi Selatan”

Acara yang dihadiri seluruh Pejabat di Lingkup Kemenag Sulsel ini beserta seluruh Karyawannya menjadi istimewa karena dihadiri juga oleh sejumlah instansi pemerintah maupun swasta.yang menjadi Kolega atau mitra Kemenag Sulsel, diantaranya UIN Alauddin Makassar, Ketua dan Hakim Pengadilan Tinggi Agama Sulsel, pimpinan Bank, Balai Diklat Keagamaan dan Litbang Keagamaan Makassar, termasuk sejumlah Pembimas Agama agama dan Kepala Kantor Kemenag Kab.Kota di Sulsel seperti Makasar, Gowa, Maros, Pangkep, Takalar bahkan Luwu utara.

Ka.Kanwil Kemenag Sulsel yang diwakili oleh Kabag TU menyampaikan terima kasih dan kesyukuran atas terselenggaranya kegiatan ini dan berharap moment istimewa ini bisa terus dilestarikan untuk syiar islam, ujar Abdul Wahid.

Dr. H. Barsihan Nur, MA (Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar) yang didapuk sebagai pembawa hikmah Maulid menyampaikan bahwa peristiwa seperti ini sebagai pengingat bagi umat manusia yang memiliki sifat pelupa bahwa Allah SWT telah menurunkan kenikmatan dan keberkahan terbesar di dunia ini ditandai dengan Kelahiran
Nabi Muhammad SAW dan Beliau kemudian menjadi satu satunya Pemimpin di dunia ini yang setiap detik disebut namanya di seluruh belahan dunia.

Keberhasilan Rasulullah SAW menurut Dosen UIN ini ditandai dengan kesuksesan beliau melalui 5 tahapan untuk menjadi The Great Leader yang hanya dimiliki secara paripurna oleh Rasulullah Muhammad SAW yakni
1. Kejujuran dan berintegritas
2. Dicintai oleh Rakyat dan Umatnya karena Gemar menolong tanpa memandang sekat SARA
3. Diikuti dan didengar oleh rakyatnya karena beliau konsisten antara perkataan dan perbuatan.
4. Memiliki dan membangun Kader yang konsisten dengan perjuangan dan ajaran Beliau.
5. Meninggalkan legacy yang menjadi pegangan hidup yang baik bagi rakyatnya yakni Al Quran dan Hadits.

Maka Wajarlah jika Nabiullah Muhammad SAW dinobatkan sebagai Tokoh terbesar dan terpopuler nomor wahid di dunia ini, katanya lagi.

Di acara peringatan maulid ini juga, hadirin disuguhi dengan grup hadrah dari Siswa MTsN Model Makassar dan pembacaan Barazanji dalam 3 bahasa (Indonesia, Bugis dan Makassar) oleh 5 orang perempuan dari penyuluh agama Islam Binaan Kanwil Kemenag sulsel.

dan diakhir acara, diumumkan pemenang lomba bakul maulid (Kaddo Minyak) yang pesertanya berasal dari Satker Kemenag baik di Kanwil, Kemenag Kab. Kota, Madrasah bahkan KUA dan yang berhasil meraih juara pertama adalah Kemenag Kab. Takalar disusul kemudian Bidang Pendidikan Madrasah , Bidang PAIS, Kemenag Jeneponto, MTsN Model dan Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah. (Wrd)

Laporan;ida s fabanyo

loading...