Home / Indotimnews / Kapal Kemanusiaan ACT Siap Berlayar ke Palu

Kapal Kemanusiaan ACT Siap Berlayar ke Palu

JAKARTA– Sudah memasuki hari keempat pasca gempa dan tsunami meluluhlantakkan wilayah Palu dan Donggala. Jumlah korban jiwa masih bertambah, seiring dengan proses evakuasi dan identifikasi jenazah yang terus dikebut. Kondisi pengungsian pun dilaporkan kritis imbas bantuan logistik yang belum merata dan sangat terbatas jumlahnya. Listrik masih padam, komunikasi terputus, dan akses transportasi darat dan udara yang terputus di sejumlah bagian.

Merespons cepat kebutuhan logistik yang mendesak, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyatakan siap melayarkan Kapal Kemanusiaan untuk Palu dan Donggala. Pernyataan ini disampaikan oleh Ahyudin, selaku President ACT, di Jakarta, Senin (1/10).

Ahyudin mengatakan, bencana di Palu dan Donggala dampaknya sangat masif. Krisis sudah dimulai dari langkanya logistik makanan dan minuman untuk puluhan ribu pengungsi. Bahkan krisis juga terjadi di daerah lain, seperti Parigi Moutong dan Sigi.

“Dalam waktu dekat kita akan layarkan Kapal Kemanusiaan untuk membawa kebutuhan logistik, terutama makanan dan minuman. Kapal Kemanusiaan untuk Palu Insya Allah akan mengangkut 1.000 ton beras, dan 500 ton logistik berisi kebutuhan dasar untuk para pengungsi. Menyusul juga akan dikirimkan dari daerah cabang-cabang ACT lainnya,” jelas Ahyudin.

loading...