Kapal Pengangkut BBM Meledak, Dua Tewas

oleh -159 views

images(3)Indotimnews.com– Kapal Motor Hikam 02 yang mengangkut tiga ton premium, meledak dan terbakar di Dermaga Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Sabtu, 21 Februari 2015, akibatnya dua orang dilaporkan tewas.

Dua orang tewas yang merupakan anak buah kapal tersebut, yakni Gola Lamuda, 47, dan kondektur mobil tangki bernama Paulus Fernandez Aikoli, 37. Dua orang lainnya mengalami luka bakar serius di bagian badan, tangan dan kaki, yakni Abdurahman, 36 tahun dan Muhammad Basir, 52 Tahun.

“Dua korban tewas telah diambil keluarga. Gola Lamuda dibawa ke kampung halamannya di Pulau Adonara, dan Paulus dibawa ke rumah duka diLarantuka,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur Paulus Igo Geroda.

Menurut dia, ledakan terjadi saat kapal melakukan pemindahan 16.000 liter premium mengunakan selang dari mobil tangki ke dalam tengki dan drum kosong yang diletakan di kapal. “Tiba-tiba terjadi ledakan. Dua orang yang tewas diduga ada di dekat pusat ledakan,” katanya.

Selain meletakan kapal dan muatannya, api juga menghanguskan mobil tangki yang parkir di dermaga serta perahu motor Armada yang sedang bersandar di dermaga itu.

“Banyak kapal ada di dekat kapal tersebut, tetapi cepat dipindahkan menjauh sehingga tidak ikut terbakar,” katanya.

Kapal pengikut BBM yang terbakar itu, katanya, telah didesain khusus hanya untuk mengangkut BBM ke pulau-pulau kecil di daerah itu. “Selama ini tidak pernah terjadi musibah seperti ini,” katanya.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab kebakaran kapal tersebut. Sementara polisi telah memasang gratis polisi di lokasi kejadian. (nttterkini.com/Tempo.co)

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.