Kapan Pembangunan Pertanian di Camba Bisa Tersentuh Pemkab Maros ?

oleh -557 views

IMG_20140802_140427-1Maros– Sekalipun potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang di miliki di Kecamatan Camba, Mallawa dan Cendrana Kabupaten Maros, sangat  berlimpah, namun kondisi pengembangannya masih sangat primitif, lambang dalam pengembangan, sebab hingga sekarang ini, sentuhan-sentuhan dari Pemerintah Kabupaten Maros masih sangat minim, bahkan para petani mengeluhkan soal pelayanan dari segi prasarana  tidak  tersentuh.

Demikian di ungkapkan H. Hasan Tokoh masyarakat Desa Sawaru Kecamatan Cenrana, Menurutnya,  bantuan sarana pertanian, diantaranya hendrakor, mesin air, sumur bor, dan kebutuhan petani lainnya, hingga sekarang ini belum ada yang kita lihat bantuan tersebut, apa benar-atau tidak adanya bantuan seperti itu untuk kelompok tani dari  Pemerintah.

“Saya sudah puluhan tahun jadi ketua Kelompok Tani di Desa Sawaru ini, tapi belum perna ada bantuan sepert itu yang di kasih, jadi saya seakan tidak percaya kalau ada informasi bahwa pemerintah mengeluarkan bantuan hendtraktor, tapi kalaupun ada,  mungkin saja tapi buktinya tidak perna saya lihat Bupati menyerahkan bantuan seperti itu ke petani di Kecamatan ini” ujarnya.

Petani di tiga Kecamatan Bagian Timur Kabupaten Maros, adalah lahan pertanian, perkebunan, peternakan, bahkan sejarah membuktikan bahwa ketiga kecamatan tersebut pena penyuplai sayur-mayur di sejumlah daerah di Sulawesi-Selatan bahkan juga banyak yang di kirim sayurnya ke Surabaya, tapi semua itu sudah tidak ada lagi.

Harusnya di kembangkan, tapi pembinaan dari Pemerintah tidak ada, bahkan kita lebih di persulit, soal pelayanan pupuk, “Kalau waktunya memupuk, langsung harga naik, karena kurang stok, tidak mencukupi kebutuhan petani, ya….apaboleh buat petani tidak memupuk lagi” kesalnya.

Lanjutnya, Kita berharap agar pelayanan dalam pengembangan pertanian ini, harus di bina semaksimal mungkin, jangan terus-terus di kondisikan yang dapat merugikan petani, pembinaan dari Pemerintah sangat perlu demi pengembangan potensi yang ada di wilayah di tiga kecamatan ini.

Editor : Andi A Effendy

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.