Kapendam VII Wirabuana dan empat perwira lainnya diserah terimahkan

oleh -269 views

IMG_20160527_233735Makassar– Kapendam VII Wirabuana dan empat perwira di jajaran Kodam VII Wirabuana, diserahterimakan.

Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bajti mengatakan, penyerahan tugas dan serah terima jabatan ini, selain merupakan upaya pimpinan dalam mengoptimalkan kinerja organisasi, juga memiliki pertimbangan untuk memberikan pengalaman kepada para Perwira dalam berbagai bentuk tugas dan jabatan yang lebih fariatif.

Hal ini sekaligus sebagai upaya penyegaran bagi perwira yang bersangkutan, sehingga diharapkan selalu memiliki semangat dan motivasi baru dalam mengaktualisasikan kemampuannya secara optimal, sesuai dengan dinamika dan tantangan tugas yang dihadapinya, yang disampaikan Pangdam VII/Wrb di Balai Pertemuan Wirabuana. Jumat (27/5).

Lanjut pangdam, hendaknya dipahami sebagai proses pembelajaran yang terus menerus, agar para Perwira dapat berkembang secara lebih baik dari waktu ke waktu. Sehubungan dengan itu, selaku Pangdam VII/Wrb dan atas nama Komando saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Inf. Firyawan, S.I.P., Kolonel Inf. Drs. Husni, Kolonel Inf. Muhammad Ali, S.H., Kolonel Arm Nofri Rifai, S.I.P. dan Kolonel Czi. I Made Sutia, atas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab jabatannya selama ini selaku Asintel, Aspers dan Aster Kasdam VII/Wirabuana serta Kainfolahta dan Kapendam VII/Wirabuana. Ucapan yang sama, Pangdam sampaikan kepada Nyonya Firyawan, Nyonya Husni, Nyonya Muhammad Ali, Nyonya Nofri Rifai dan Nyonya I Made Sutia, yang selama ini dengan setia mendampingi suami dalam melakukan pembinaan Persit Kartika Chandra Kirana di lingkungan satuan masing-masing.

Selanjutnya kepada, Kolonel Inf. Tandyo Budi Revira, Kolonel Inf. Toyib Anwari, Kolonel Inf. Heri Pribadi, Kolonel Inf. Juniras Lumban Toruan, Kolonel Inf. Ujang Sudrajad dan Letkol Inf. Drs. Alamsyah, M.Si, saya ucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan oleh pimpinan TNI Angkatan Darat untuk menjabat masing-masing sebagai Danrem 142/Tatag, Asintel Kasdam VII/Wirabuana, Aspers Kasdam VII/Wirabuana, Aster Kasdam VII/Wirabuana, Kainfolahtadam VII/Wirabuana dan Kapendam VII/Wirabuana.

Pangdam Mengharapkan, hendaknya selalu disadari, bahwa jabatan yang diberikan tersebut merupakan kepercayaan, kehormatan dan amanah yang harus diterima dengan rasa syukur serta harus dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, laksanakan amanah ini dengan baik, tunjukkan prestasi, dedikasi dan motivasi yang tinggi, agar pelaksanaan tugas kedepan dapat terlaksana secara optimal. Satu hal yang harus melekat dan dimiliki oleh setiap prajurit dalam melaksanakan tugas pokok adalah loyalitas, moralitas dan integritas yang baik.

Selanjutnya, Asintel Kasdam VII/Wirabuana yang bertugas membantu Pangdam dalam menyelenggarakan kegiatan intelijen dibidang penyelidikan, pengamanan dan penggalangan, dituntut mampu berperan sebagai dapur analisis guna menjamin terlaksananya tugas pokok Kodam VII/Wirabuana.

“Dihadapkan pada spektrum ancaman yang ada, maka kegiatan intelijen tersebut sangat penting dioptimalkan, agar upaya dan pembinaan yang dilakukan dapat lebih terarah, guna memberikan informasi intelijen sesuai kebutuhan Pangdam,” paparnya.

Untuk mendukung hal tersebut, maka kegiatan lapor cepat dan deteksi dini agar lebih ditingkatkan. Hal ini penting ditekankan mengingat kemajuan teknologi khususnya dibidang informasi dan telekomunikasi saat ini cukup pesat, sehingga aparat Intelijen harus mampu berpacu dengan breaking news/running text media elektronik.

Dengan demikian, kecepatan pelaporan merupakan tuntutan, agar pimpinan bisa segera melakukan tindakan-tindakan terhadap suatu permasalahan sehingga tidak berkembang lebih luas.
Begitu pula Aspers Kasdam VII/Wirabuana sebagai pembantu Pangdam dalam menyelenggarakan kegiatan fungsi staf umum di bidang pembinaan personel, dituntut kemampuan dalam hal merencanakan, merumuskan dan menyiapkan penyelenggaraan pembinaan personel militer yang meliputi aspek komposisi, kualitas dan kiantitas
Lebih jauh Pangdam mengharapkan, Aster Kasdam VII/Wirabuana sebagai pembantu Pangdam yang berfungsi meningkatkan kualitas perencanaan dan pengawasan di bidang teritorial, dituntut kemampuan untuk menjabarkan kebijakan-kebijakan pimpinan sesuai sumber daya yang tersedia. Hal ini sangat penting mengingat mekanisme kerja staf, khususnya pelaksanaan koordinasi sangat menentukan keterpaduan konsepsi, keseragaman langkah dan keselarasan tindakan dalam upaya keberhasilan tugas pokok Kodam VII/Wirabuana untuk dapat melaksanakan kegiatan secara profesional serta memiliki integritas yang tinggi,.

“Selain harus mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai dengan fungsinya, maka Asisten Teritorial juga dituntut memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi serta didukung oleh kemampuan koordinasi dan melakukan komunikasi, baik dalam lingkup internal Kodam VII/Wirabuana maupun dengan pemerintah daerah setempat, instansi, lembaga serta organisasi kemasyarakatan yang ada. Dengan dilandasi harapan dan pemikiran tersebut, saya yakin Aster Kasdam VII/Wirabuana yang baru akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya,” lanjut Agus.
Berikutnya, dalam kaitannya dengan tugas-tugas Infolahtadam VII/Wirabuana sebagai Balakdam yang berkaitan langsung dengan sistem komunikasi data, guna menghasilkan informasi secara elektronik yang cepat, tepat, lengkap dan akurat, maka saya minta kepada Kainfolahtadam VII/Wirabuana yang baru agar tetap memelihara peralatan komunikasi data yang telah tergelar dan terus mengupayakan peningkatan kemampuan dan keterampilan teknis anggota secara lebih memadai, sehingga tugas yang diemban dapat terlaksana dengan baik.

 

Laporan Andi Gusthi

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.