Kapolda Sulsel: Tingkatkan akreditor kompetensi untuk mengaudit oknum anggota yang melenceng dari panggilan Polri

oleh -280 views

Indotimnews– Dalam rangka peningkatan kemampuan khususnya personel propam sebagai akreditor, hari ini, Rabu, 8 Oktober, Polda Sulsel melaksanakan Pelatihan Keterampilan di SPN Batua, Makassar. Dengan tema “Melalui Pelatihan Akreditor T.A 2017, Kita Tingkatkan Kemampuan Dan Keterampilan Personel Propam Yang Professional, Modern Dan Terpercaya Dalam Rangka Penegakan Internal POLRI”.

Pelatihan kali ini terlaksana dengan kerja sama antara Polda Sulsel dengan Div Propam Mabes Polri dan Polda Sulbar. Dimana pemateri terdiri dari 7 orang tim Div Humas Mabes Polri dibawah pimpinan SESROWABPROF Div Propam MAbes Polri Kombes Pol Drs Yaya Ahmudiarto dan jumlah peserta 100 personel Propam termasuk dari Polda Sulbar.

Secara resmi pelatihan dibuka oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono dan turut dihadiri Wakapolda Sulsel, Irwasda Polda Sulsel, Para PJU Polda Sulsel, KApolres Se-Makassar Raya dan KAbid Propam Polda Sulbar serta pemateri. Kegiatan ini sebagai upaya penangkalan terjadinya mall administrasi dimana sebagian akreditor Bidpropam dan Sipropam jajaran Polda Sulsel dan Polda Sulbar masih belum memiliki sertifikat akreditor.

Demi meningkatkan profesionalitas peningkatan kemampuan audit investigasi, pemeriksaan dan pemberkasan perkara pelanggaran kode etik Polri, sehingga para akreditor memiliki kompetensi standar kualifikasi dengan sertifikasinya yang ditetapkan Div Propam Polri.

Dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi pelatihan, Kapolda Sulsel sedikit menceritakan sejarah Propam Polri dari perubahan nama, posisi structural maupun cita-cita dan tujuan Propam Polri. Lebih lanjut Irjen, Pol Muktiono mengingatkan tugas Propam yang lebih spesifik, menjaga organisasi tetap berjalan dan bertanggung jawab atas perilaku anggota Polri.

“Disinilah pentingnya Propam mengingat Polri butuh awak yang berintegritas sehingga perlu menginvestigasi dan mengaudit perbuatan oknum yang melenceng dari panggilan Polri. Dengan niat yang tulus bagi masyarakat, membangun Polri dengan cara membersihkannya dari oknum yang tidak lagi dapat dibina,” jelas Kapolda sulsel.

“Semoga acara berjalan lancar, mencapai sasaran yang ingin dicapai. Terimakasih atas kehadiran Kabid Propam Polda Sulbar bersama personelnya. Semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat bermanfaat bagi kejayaan Bangsa dan Negara”, pesan Irjen Pol. Muktiono.

Sementara, Kombes Pol Yaya yang membacakan amanat Kadiv Propam, menyampaikan menghadapi derasnya arus iptek yang membawa dampak ambivalen bagi Polri. Tidak ada alternatif lain selain meningkatkan kualitas personel melalui pendidikan dan pelatihan.

Membangun insan Polri yang promoter dalam dinamikanya, nyatanya masih saja ada laporan dari beberapa masyarakat atas kekeliruan personel Polri. Disinilah Propam memegang peranandan posisi strategis akreditor, terkhusus dalam kode etik Polri.

“Personel agar dapat menguasai materi, pengetahuan, keterampilan dan wawasan sehingga terwujud Propam Promoter Sebagai Garda Terdepan Penjaga Citra Polri dan Benteng Terakhir Pencari Keadilan”, demikian pesan Kadiv Propam Polri. (Humas Polda)

loading...
loading...