Kapolres Kukar Lepas Keberangkatan Tim Penanggulangan Karhutla

oleh -253 views

KUKAR– Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Anwar Haidar.S.IK.,M.Si, pimpin Apel Pemberangkatan Tim Penanggulangan Karhutla Kabupaten Kutai Kartanegara di Halaman Apel Mako Polres Kutai Kartanegara (Kukar), Selasa (24/09/2019) Siang.

Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar mengatakan, Apel pemberangkatan tim Karhutla ini merupakan langkah awal ataupun bentuk kesiapan personil kami bersama instansi terkait sebelum nantinya diberangkatkan ke Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam rangka penanggulangan Karhutla tahun 2019 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Apel ini diikuti oleh 127 personil dari sejumlah instansi diantaranya personel Polres Kukar, personel Kodim 0906/Tgr, Satpol PP Kab. Kukar dan anggota BPBD Kabupaten Kukar.

Maksud dan tujuan Apel yang dilaksanakan sebelum pemberangkatan tim karhutla ke Kecamatan Tabang, Kabupaten Kukar ini untuk mengecek kesiapan personil maupun semangat personil serta menyatukan tekad untuk saling gotong royong dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan tahun 2019.

“Jangan biarkan kita dikepung asap, tetapi kitalah yang harus mengepung asap,” ucapnya AKBP Anwar Haidar.

Dia juga mengatakan, kebakaran hutan dan lahan akan menimbulkan kerugian negara yang sangat besar, sehingga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

Bukan itu saja karena adanya Karhutla, Indonesia mendapat pandangan negatif dimata dunia, asap yang ditimbulkan dari kejadian itu membawa dampak juga terhadap kesehatan masyarakat seperti penyakit ispa akibat menghirup udara yang tidak sehat. Untuk itu penanganan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan harus dilakukan secara sinergi oleh semua pihak, sesuai Instruksi Presiden Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan.

AKBP Anwar Haidar juga mengatakan, upaya preventif yang dilakukan saat ini dengan membentuk Satgas penanggulangan Karhutla, melaksanakan patroli, memasang spanduk himbauan, melakukan penyuluhan terus menerus ke masyarakat oleh tim terpadu Karhutla.

Diakhir kata Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar.S.IK.,M.Si., dirinya berpesan untuk tetap utamakan keselamatan personil yang melaksanakan penanggulangan karhutla, kobarkan semangat, dan terus semangat untuk bersama-sama tanggulangi Karhutla. (IS)

loading...
loading...