Kapolres Kukar: “Karhutla dapat disebabkan oleh dua faktor”

oleh -326 views

KUKAR– Bertempat di lapangan Desa Muara Ritan, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Polres Kukar bersama Kodim 0906/TGr menggelar Apel terpadu kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2019, pada hari Rabu (25/09/2019).

Kapolres Kutai Kartanegara (Kukar) AKBP Anwar Haidar mengatakan, saat ini permasalahan karhutla menjadi atensi pihak kepolisian serta pihak terkait lainnya diseluruh wilayah Indonesia.

Apel tersebut turut dihadiri oleh AKH.Taupik Hidayat (Asisten 1 Pemkab Kukar), Drs.Marsidik (Kepala BPBD Kukar), PJU Polres Kukar, Faisal Plt Camat Tabang, serta seluruh Kades Kecamatan Tabang.

“Kita ketahui bersama bahwa karhutla di Indonesia hampir terjadi diseluruh provinsi, hal ini menimbulkan kerugian yang tidak sedikit baik material maupun immaterial yang meliputi pembatalan penerbangan, aktivitas perkantoran dan sekolah diliburkan, kerugian ekonomi, ancaman kesehatan bagi manusia dan kerugian lainnya.” Ujar Kapolres Kukar AKBP Anwar Haidar dalam amanat upacara.

Lanjutnya, Secara umum karhutla dapat disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor manusia baik sengaja maupun tidak sengaja, serta faktor alam yang diakibatkan oleh kemarau berkepanjangan.

“Faktor kesengajaan dapat berupa kesengajaan manusia yang membuka sistem perladangan berpindah maupun lahan perkebunan dengan cara membakar hutan.” Ungkapnya Kapolres.

Bahwa sinergitas antara pemerintah daerah, TNI, Polri, instansi terkait, swasta dan masyarakat Tabang dalam upaya tangap pencegahan kebakaran hutan dan lahan akan terus dilakukan.

“Saya juga mengajak kita semua, khususnya masyarakat Tabang untuk lebih peduli kepada lingkungan dengan bersama-sama dapat bekerja lebih keras, cerdas dan tuntas untuk dapat melakukan kegiatan pemadaman, patroli, dan mensosialisasikan seruan / larangan tidak membakar hutan dan lahan, serta upaya-upaya lain yang produktif dalam mengurangi dan mencegah terjadinya karhutla diwilayah Tabang.” Tandas Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Anwar Haidar. (IS)

loading...
loading...