Kasat Lantas Polrestabes Makassar: Proses pengurusan SIM harus sesuai mekanisme, tak ada suap menyuap

oleh -218 views

Indotimnews– Pasca penerapa sistem online dalam proses pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), baik perpanjangan maupun permohonan baru, kini tengah berjalan sesuai dengan mekanisme yang sudah ditetapkan.

Karena itu, Kepala Satuan Lalulintas Kepolisian Resort Kota Besar (Sat Lantas Polrestabes) Makassar, dengan ketat menerapkan aturan yang sejalan dengan Standar Operating Procedure (SOP) maupun perundang undangan yang berlaku.

“Penerapan layanan sistem Online yang dilounching 25 Desember 2015 lalu, menjadi acuan kami untuk melakukan penerapan sistem yang sudah diatur dalam mekanisme yang ada,” ucap Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AJBP Hamka Mappaita, saat dihubungi via telepon selularnya, Jumat (25/11).

Artinya berbagai pelayanan SIM, baik yang ada di lingkup Kantor Polrestabes Makassar, maupun pelayanan SIM keliling, tidak dibenarkan untuk melakukan berbagai bentuk praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam melayani pemohon SIM.

Saat ditanya proses penerbitan SIM baru baik golongan SIM C, SIM B, SIM B1 dan SIM A, Kasat Lantas Polrestabes Makassar mengaku, haruslah melalui proses sesuai aturan yang berlaku.

“Untuk pemohon SIM baru, yah harus melalui proses ujian teori dan praktek. Apalagi proses itu merupakan Uji Kompetensi bagi pengguna kendaraan bermotor di jalan raya,” ucap Hamka.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar ini juga meminta pada masyarakat yang hendak melakukan pengurusan perpanjangan maupun permohonan SIM baru, agar tidak melalui perantara atau calo. Yang terpenting tidak mencoba menyuap petugas Satlantas untuk mempermudah mendapatkan SIM tersebut.

“Kami tetap berkomitmen penuh untuk tetap memaksimalkan pelayanan tanpa mencederai sedikitpun aturan yang sudah ada. Jadi jika hendak bermohon SIM baru, harus di Kantor Satlantas, bukan di tempat Sim keliling,” tegasnya.

Editor: Zoel

loading...
loading...