Kasi STNK Ditlantas Polda Sultra tuding Dispenda tak sinergitas terkait pelayanan di Samsat, Kok bisa?

oleh -152 views

Kompol-JackyKendari– Gonjang ganjing lambannya pelayanan proses pengurusan surat kendaraan bermotor (ranmor) di Samsat Kendari, baik ranmor roda dua maupun roda empat, membuat Kepala Seksi Surat Tanda Nomor Kendaraan Direktorat Lalulintas (Kasi STNK Ditlantas) Polda Sultra, Kompol Jacky, angkat bicara.

Menurut perwira menengah (pamen) ini, bahwa di kantor satu atap, Samsat, ada 3 institusi yang bernaung. Yakni Kepolisian, Dispenda, dan PT, Jasa Raharja.

Terkait dengan sorotan lambannya proses pengurusan STNK kendaraan baru maupun proses perpanjangan, Jacky menuding jika pihak Dispenda Sultra tidak bersinergitas dengan kepolisian sehingga proses pelayanan memakan waktu yang cukup lama.

” Namun sampai detik ini Dispenda Kendari tidak mau terhubung dengan Polri, ” jelas Mantan Kasi BPKB Ditlantas Polda Sultra ini  via kontak Whats Appnya,” pada grup media ini, Rabu malam (27/4).

Hal itu ditandai kata Kasi STNK Ditlantas Polda Sultra, bahwa sistem jaringan yang ada tak pernah terkoneksi dengan pihak Ditlantas Polda Sultra, dan hal itu berdasarkan pengakuan Kepala UPTD Samsat Kendari yang beralasan tak ada anggaran untuk jaringan konektifitas sistem komputer.

“Khusus ranmor baru, keterlambatan itu bukan karena kebijakan saya selaku Kasi STNK. Persoalannya selama ini terjadi dua kali input. Seharusnya proses registrasi dan identifikasi kendaraan dimuali dari bagian penerbita BPKB,” cetus Kasi STNK Ditlantas Polda Sultra.

Bahkan, Kompol Jacky mengakui sudah ada atensi dari Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sultra untuk melakukan percepatan proses surat ranmor baru, namun dialuinya itu tak sesuai dengan Standar Operasional (SOP) yang ada.

Lalu, sampai kapan keterlambatan ini berlarut-larut tanpa ada solusi cerdas dari dua institusi yang terkesan tak bersinergi?

penulis: Zulkifli Malik

loading...
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.